Atlet Diminta Menghindari Makan Kerupuk, Marco Motta Malah Suka

Tak seperti kebanyakan warga asing lainnya yang jatuh cinta dengan nasi goreng atau nasi padang, ketika mencicipinya di Indonesia. Bek Persija Jakarta Marco Motta, lebih suka menyantap kerupuk.

Motta mengaku Indonesia memang memiliki beragam masakan yang enak untuk dikonsumsi. Akan tetapi, ia menyukai kerupuk karena rasanya paling pas dilidahnya saat dinikmati.

Sosok asal Italia tersebut menyukai kerupuk setelah mencobanya saat makan bersama skuad Persija di sebuah hotel. Semenjak itu, Motta menjadikan kerupuk sebagai makanan favoritnya.

“Banyak sekali makanan Indonesia yang nikmat. Namun, saya sangat suka dengan kerupuk karena rasanya sangat mirip dengan keripik di Italia. Nama keripik di Italia tersebut adalah Patatine,” kata Motta dikutip laman resmi klub.

Sejatinya kerupuk merupakan makanan yang tak disarankan atlet menyantapnya. Tidak ada kandungan gizi dan kalori yang dibutuhkan tubuh olahragawan jadi alasan makanan tersebut untuk dihindari.

Bahkan, Alfred Riedl saat menukangi timnas Indonesia melarang para pemainnya makan kerupuk. Langkah tersebut dilakukan untuk menjaga asupan nutrisi anak asuhannya tetap terjaga.

“Seorang atlet seharusnya punya kepedulian tinggi pada nutrisi. Bayangkan, pemain kita makan kerupuk atau kentang goreng, yang jelas-jelas tidak bergizi,” ucap Riedl yang membawa tim Garuda menjadi runner-up Piala AFF 2016.

Saat ini Motta, berada di negara asalnya Italia. Pesepakbola berusia 34 tahun tersebut memutuskan meninggalkan Indonesia karena kompetisi dihentikan akibat pandemi virus corona.

Meski tidak berkumpul dengan rekan setimnya, Motta tetap menjaga kondisinya. Ia menjalani latihan mandiri sesuai dengan program yang diberikan tim pelatih klub asal ibu kota tersebut.

Dijadwalkan kompetisi kembali diputar pada Oktober mendatang. Kepastian tersebut didapatkan setelah PSSI mengeluarkan Surat Keputusan (SK) bernomor SKEP/53VI/2020, yang dikirim kepada seluruh klub.

Sebelum kompetisi dihentikan eks Juventus tersebut sudah tampil sebanyak dua pertandingan. Motta, membawa Persija meraih satu kemenangan dan satu imbang, sehingga menduduki peringkat sembilan klasemen dengan raihan empat poin.

Musim ini jadi tahun pertama Motta merumput dengan kesebelasan Indonesia. Sebelumnya ia menjalani karier bersama sejumlah klub yang ada di Eropa.