Sukseskan Piala Dunia U-20, Pemerintah dan PSSI Bagi Tugas

Piala Dunia U-20 2021 yang digelar di Indonesia tinggal menghitung bulan. Untuk itu pemerintah dan PSSI mencoba mengebut persiapan pelaksanaan meski berada di tengah Pandemi.

closeMenteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amalai dalam keterangan persnya menyebut pihak Kemenpora sebagai kepanjangan tangan pemerintah telah bertemu dengan PSSI pada Jumat (3/7) untuk pembagian tugas mempersiapkan perhelatan besar ini. Apalagi persiapan Piala Dunia U-20 telah dipantau langsung oleh Presiden Joko Widodo.

“Terima kasih, kita ada waktu lalu ngobrol dalam rangka kerja bersama antara pemerintah dan PSSI untuk penyelenggaraan Piala Dunia U-20 tahun 2021. Sebagaimana diketahui bahwa Pak Presiden (Joko Widodo) melalui rapat internal kabinet terbatas sudah memutuskan tentang pelaksanaan Piala Dunia FIFA U-20 Tahun 2021 pada bulan Mei dan Juni. Itu akan diselenggarakan sesuai dengan tugas yang akan diberikan FIFA kepada kita,” kata Menpora.

Dalam rapat, telah ditentukan tugas masing-masing pihak. Kemenpora fokus berkordinasi dengan instansi dan kementerian lain dalam mengurus infrastuktur agar siap menggelar Piala Dunia U-20.

Sementara PSSI diminta untuk fokus menyiapkan timnas Indonesia U-20 agar mencapai target maksimal.

“Ada pembagian tugas, kami pemerintah akan mengurus penyelenggaraan bersama-sama PSSI dan unsur lain, Kementerian/Lembaga lain. Dan, PSSI berkonsentrasi pada persiapan Tim Nasional Indonesia. Mudah-mudahan kita segera mempersiapkan karena waktunya sudah sangat pendek ya, terpotong tiga bulan lebih karena Covid-19 ini baik mempersiapkan pelatnas maupun pelaksanaan persiapan untuk penyelenggaraan juga agak terhalang,” ungkap Menpora.

Meski sudah membagi tugas, Zainudin mengakui menunggu perintah selanjutnya dari Presiden. Pandemi virus Corona menjadi hambatan dalam mempersiapkan semuanya.

Begitu ada keputusan dari Pak Presiden (Joko Widodo), kita segera jalan, bersama-sama antara PSSI dan pemerintah. Kita komunikasi terus, mudah-mudahan dengan kekompakan kita, segala sesuatu menjadi ringan dan tidak ada hambatan yang berarti dalam persiapan. Komunikasi juga dilakukan dengan Kementerian PUPR. Stadion juga sudah diputuskan dalam rapat terbatas dan itu akan dikerjakan sesuai arahan Pak Presiden (Joko Widodo). Untuk target, yang terbaik untuk Tim Nasional Indonesia ya,” pungkasnya.