Presiden Targetkan Timnas U-20 Lolos Penyisihan Grup Piala Dunia 2021

Presiden RI Joko Widodo berharap tim nasional Indonesia bisa bermain maksimal di Piala Dunia U-20 2021. Targetnya tak sekadar lolos penyisihan grup.

Hal itu disampaikan Jokowi oleh Menpora Zainudin Amali dalam rapat internal terbatas di Istana Negara, Rabu (1/7/2020). Menurut politikus Golkar itu, Indonesia yang berstatus tuan rumah harus bisa dimanfaatkan sebaik mungkin oleh PSSI untuk memberikan yang terbaik di hadapan masyarakat Indonesia.

“Target dari Presiden adalah hasil maksimal. Tidak hanya di penyisihan karena kita sebagai tuan rumah. Jadi jatah tuan rumah harus dimanfaatkan benar-benar,” kata Amali dalam jumpa persnya di Kantor Kemenpora.

“(Jadi) harapan Presiden timnas bisa berprestasi maksimal, tentu beliau juga realistis,” ujarnya.

Apa yang dituntut Presiden seiring dengan apa yang ditarget PSSI sebelumnya. Induk federasi sepakbola tanah air itu juga mencanangkan timnas Indonesia U-20 bisa lolos fase grup. Setelah itu, bisa berancang-ancang menembus ke babak delapan besar dan semifinal.

“Sepakbola adalah cara untuk mengangkat harkat martabat bangsa. Kami siap melaksanakan arahan Presiden Jokowi bahwa prestasi timnas Indonesia harus ‘bunyi’ saat menjadi tuan rumah Piala Dunia U20 2021,” kata Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, beberapa waktu lalu.

Salah satu ukurannya, PSSI akan melihatnya dari hasil kejuaraan Piala AFC U-19 di Uzbekistan, 14-31 Oktober mendatang. Pada ajang itu, Indonesia tergabung dalam Grup A, bersaing dengan sesama tim Asia Tenggara, Kamboja. Selain itu, ada tim kuat Iran, dan tim tuan rumah Uzbekistan.