Liga 1 2020 Lanjut, PT LIB Jamin Pencairan Subdisi Klub

PT Liga Indonesia Baru (LIB) berkomitmen melanjutkan subsidi di Shopee Liga 1 dan Liga 2 2020. Ini adalah respons terhadap klub yang ragu melanjutkan kompetisi.

Namun PT LIB berjanji kepada klub untuk tak mengkhawatirkan soal pendanaan. Dana subsidi dijamin akan tetap diberikan.

PSSI melalui rapat Komite Eksekutif (Exco) sebelumnya sudah memutuskan untuk melanjutkan kompetisi dengan opsi pada September atau Oktober. Terkini, melalui Surat Keputusan (SK) terbaru, PSSI memilih melanjutkan kompetisi Liga 1 dan Liga 2 pada Oktober.

“Kompetisi akan dimulai Oktober nanti. Karena itu kami tetap berkomitmen tinggi terhadap kewajiban untuk memberikan dana subsidi kepada semua peserta kompetisi Liga 1 dan Liga 2 2020,” kata Direktur Utama PT LIB, Akhmad Hadian, dalam rilisnya, Jumat (3/7/2020).

“Atas situasi tersebut, kami harus mengevaluasi banyak hal dan merencanakan lagi beberapa hal yang sangat menentukan dalam kelangsungan kompetisi. Termasuk kesepakatan dengan sponsor dan pihak ketiga lainnya,” ujarnya menambahkan.

Masalah finansial di tengah pandemi memang menjadi kekhawatiran tersendiri bagi beberapa klub untuk melanjutkan kompetisi. Kondisi diperburuk dengan potensi hilangnya sektor pendapatan dari penjualan tiket pertandingan.

Protokol kesehatan pemerintah untuk dunia olahraga memang sudah mengatur jumlah kehadiran penonton. Namun PSSI pernah mengisyaratkan tak akan mengambil opsi itu.

Menanggapi hal itu, Akhmad Hadian berjanji PT LIB akan membantu klub lewat pencairan dana subsidi. Masalah ini menjadi sorotan klub-klub terkait seringnya keterlambatan pencairan dana subsidi dari PT LIB.

“Sekali lagi, pada prinsipnya kami punya komitmen tinggi terkait angka subsidi yang akan diterima oleh klub Liga 1 dan Liga 2,” tutur Akhmad Hadian.

“Kami akan berusaha keras untuk mewujudkan apa yang sudah kami rencanakan. Mohon dukungannya agar kompetisi bisa bergulir dengan lancar,” ucapnya mengakhiri.