Ketua Umum PSSI Buka Alasan Ubah Daftar Stadion Piala Dunia U-20

Ketua umum PSSI Mochamad Iriawan, menjelaskan alasan mengganti Stadion Mandala Krida dan Stadion Pakansari, dari Piala Dunia U-20. Penjelasan tersebut disampaikannya setelah melakukan pertemuan dengan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali, di kantor Kemenpora, Jumat (3/7).

Awalnya, kedua stadion tersebut masuk daftar calon tempat pertandingan Piala Dunia U-20. Hanya saja, PSSI akhirnya menggantinya dengan Stadion Jakabaring, dan Stadion Si Jalak Harupat.

“Jakabaring kenapa? Karena sudah gelar event internasional. Mereka lebih lengkap fasilitasnya dibandingkan dua itu [Pakansari dan Mandala Krida],” kata Iriawan.

“Akomodasi dan transportasi tersedia, pemerintah luar biasa. Bukan pemerintah lain tidak serius ya,” sosok yang karib disapa Iwan Bule tersebut menambahkan.

Sementara untuk Stadion Mandala Krida, Iriawan menyebut diganti karena faktor keamanan. Ia khawatir tiba-tiba Gunung Merapi yang lokasinya dekat stadion tersebut mengalami erupsi sehingga membuat pertandingan Piala Dunia U-20 ditunda.

“Kalau Mandala Krida, FIFA nanya soal erupsi Gunung Merapi. Jadi kami tidak bisa jamin kapan gunungnya akan tetap stabil,” ujar pria yang pernah menjabat sebagai Kapolda Jawa Barat dan Metro Jaya tersebut.

Sedangkan, Zainudin menyatakan pihakya sudah menyetujui enam stadion yang dipilih PSSI untuk Piala Dunia U-20. Adapun daftarnya adalah Gelora Bung Karno, Gelora Sriwijaya, Manahan, Si Jalak Harupat, Gelora Bung Tomo, dan Kapten I Wayan Dipta.

Permintaan renovasi keenam stadion itu yang diberikan PSSI ke Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), sudah disetujui. Tinggal menunggu anggaran saja untuk memulai perbaikan di tempat tersebut.

Meski sampai sekarang FIFA belum memastikan penunjukkan keenam stadion tersebut. Federasi sepakbola dunia ini tak bisa melakukan finalisasi tempat itu karena pandemi virus corona.

“Komunikasi sudah, tadi pagi kami dan PSSI yang diwakili wakil ketua umum sudah rapat dengan KemenPUPR. Soal stadion masih sama sesuai Ratas [rapat terbatas] dengan Presiden Joko Widodo,” ujar politikus Partai Golongan Karya tersebut.

Piala Dunia U-20, bakal digelar kurang dari setahun lagi. Dijadwalkan perhelatan sepakbola paling bergengsi untuk kelompor umur tersebut dimulai pada 20 Mei sampai 11 Juni 2021.