PSSI Fokus ke Timnas U-19 Saja, Biar Pemerintah Urus Piala Dunia U-20

Presiden Jokowi telah meminta Menpora Zainudin Amali menjadi ketua INAFOC. PSSI pun hanya bisa berurusan dengan persiapan timnas Indonesia U-19 agar bisa tampil maksimal di Piala Dunia U-20.

Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan yang awalnya begitu bersemangat meng-handle semuanya, bahkan sudah menunjuk Iwan Budianto sebagai ketua persiapan Piala Dunia U-20, belum mengeluarkan statement apa pun terkait hal itu. Sejauh ini baru anggota Exco PSSI yang buka mulut.

Salah satunya Hasani Abdulghani. Dia justru sangat mendukung keputusan Presiden Jokowi. Menurut dia, dengan Menpora sebagai ketua INAFOC, kerja sama pemerintah dengan PSSI akan berjalan bagus. ’’Ya sama seperti ketika Asian Games 2018 lalu. Hasilnya kan baik ketika dipegang pemerintah yang berkolaborasi dengan berbagai pihak,’’ tuturnya.

Hasani menyebut, belum ada rapat exco mengenai keputusan presiden tersebut. Namun, secara pribadi, berkaca dari Asian Games 2018 ketika PSSI jadi bagian di dalamnya, tentu ada niat untuk menjadikan Piala Dunia U-20 sebagai yang terbaik. ’’Baik itu sebagai penyelenggara maupun prestasi timnas,’’ terangnya.

Hal senada diungkapkan anggota exco lainnya, Yoyok Sukawi. Pria yang juga CEO PSIS Semarang itu justru berterima kasih atas keputusan tersebut. Hal itu menunjukkan betapa perhatiannya presiden dengan event sepak bola usia muda terbesar di dunia tersebut. ’’Apalagi, beliau menunjuk Menpora secara langsung sebagai ketua INAFOC,’’ paparnya.

Dengan begitu, PSSI sebenarnya punya tugas yang cukup mudah. Tidak perlu ribet memikirkan persiapan dengan segala macam permasalahan di dalamnya. Apalagi, pandemi korona membuat segalanya sangat sulit ketika di-handle PSSI sendirian. ’’Artinya, mulai dari pembiayaan kegiatan, infrastruktur, hingga dukungan SDM dari pemerintah semua. Saya yakin sangat maksimal nanti hasilnya,’’ ucapnya.

Selain itu, dalam rapat terbatas yang dilakukan Selasa lalu (30/6) disebut PSSI diminta fokus mempersiapkan timnas U-19 saja. Fokus dalam membenahi segala kekurangan di dalamnya. Presiden Jokowi ingin timnas U-19 bisa bersaing setidaknya lolos dari babak penyisihan grup sebagai tuan rumah.

Mengenai hal itu, Yoyok menyebut PSSI merasa lebih tertantang. Pihaknya akan mempersiapkan tim bersama pelatih Shin Tae-yong dengan maksimal. ’’Doakan hasilnya baik ya,’’ ucapnya.

Yoyok sendiri tidak tahu kapan Shin Tae-yong datang ke Indonesia untuk memulai persiapan timnas U-19. Sebab, sebelum menatap Piala Dunia U-20, timnas U-19 dihadapkan dengan ajang Piala Asia U-19.

Timnas U-19 akan bertarung di Piala Asia U-19. Turnamen tersebut berlangsung di Uzbekistan pada 14–31 Oktober mendatang. Timnas U-19 sendiri tergabung di grup A bersama tuan rumah Uzbekistan, Kamboja, dan Iran.

Shin Tae-yong rencananya datang dalam waktu dekat untuk memulai training camp bersama 44 pemain yang ada. ’’Kabarnya memang dia datang awal bulan ini. Kami akan menunggu,’’ katanya.