Sudah Bulan Juli, Jadwal Kembalinya Shin Tae-yong ke Indonesia Malah Jadi Gelap

PSSI menargetkan manajer pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, untuk kembali ke Tanah Air pada dalam waktu dekat. Namun, sudah memasuki Juli 2020, arsitek berusia 49 tahun itu tidak kunjung menunjukkan batang hidungnya.

Sebelumnya, PSSI telah mengultimatum Shin Tae-yong untuk datang ke Indonesia paling lambat pada akhir Juni, lalu diralat menjadi awal Juli 2020.

Ketika ditanyai mengenai perkembangan kepulangan Shin Tae-yong ke Indonesia, PSSI belum bisa menjawab. Ada alasan mengapa induk sepak bola Indonesia itu memilih untuk tertutup.

“Sekarang, sedang ada pembatasan komentar maupun statement dari PSSI. Jadi, maaf saya belum bisa merespons pertanyaan dari kawan-kawan media,” ujar Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSSI, Yunus Nusi kepada Bola.com.

Ketua PSSI, Mochamad Iriawan dalam beberapa kesempatan meminta Shin Tae-yong untuk segera menginjakkan kakinya di Tanah Air. Sebab, pelatih asal Korea Selatan tersebut harus segera memimpin Timnas Indonesia U-19 untuk persiapan Piala AFC U-19 2020 pada Oktober mendatang.

Asisten pelatih Timnas Indonesia U-19, Nova Arianto, juga mengaku belum tahu jadwal kedatangan Shin Tae-yong ke Indonesia.

“Saya belum tahu soal itu,” imbuh Nova kepada Bola.com.

Nova juga tidak bisa berbicara banyak mengenai rencana pemusatan latihan (training centre) Timnas Indonesia U-19 pada bulan ini. Pasalnya, pernyataan berbau teknis kini melalui satu pintu dari PSSI.

“Kami masih menunggu coach Shin Tae-yong. Jadi, masih dalam pembahasan. Soal TC, nanti coach Shin Tae-yong yang akan jawab. Pokoknya, sekarang semua komentar berbau Timnas Indonesia dan yang lain-lain, langsung dari dia. Staf tidak boleh,” jelas Nova.