PSS Sambut Positif Kabar PSSI Tanggung Biaya Tes COVID-19

Manajemen PSS Sleman memberikan apresiasi kepada PSSI terkait kebijakan pembiayaan tes COVID-19. Hanya, manajemen PSS masih menanti kebijakan tersebut dalam surat resmi.

PSSI berencana menggelar tes virus corona secara gratis menjelang Shopee Liga 1 dan Liga 2 bergulir. Namun, belum diputuskan bentuk dari pemeriksaan kesehatan tersebut entah tes rapid atau swab.

“Kami baru mendengar lewat media dan masih wacana, karena belum ada surat resmi ke klub,” beber Direktur operasional PSS Sleman, Hempri Suyatna kepada Bola.com, Kamis (2/7/2020).

Kebijakan dari PSSI tersebut bakal sangat membantu klub peserta, terutama berkaitan dengan biaya yang harus dikeluarkan. Untuk anggarannya, PSSI akan lebih dulu berkoordinasi dengan PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator kompetisi.

“Bagi kami kalau memang nanti semuanya ditangguhkan PSSI, tentu hal yang bagus. Setidaknya klub tidak tambah terbebani dengan biaya yang harus dikeluarkan,” tutur Hempri.

Lanjutan Shopee Liga 1 2020 akan dimulai kembali pada Oktober. Berbagai persiapan pelaksanaan sedang disusun oleh PSSI, termasuk penerapan protokol kesehatan di tengah pandemi COVID-19.

Hal tak kalah penting adalah mengenai tes kesehatan para peserta kompetisi. Tes COVID-19 menjadi satu di antara syarat agar kompetisi dapat kembali berjalan.

Hanya, klub peserta bakal kesulitan apabila masih harus mengeluarkan biaya untuk tes kesehatan para pemain, pelatih, dan ofisialnya. PSSI pun bakal membantu klub dengan menanggung seluruh pembiayaan tes COVID-19.