Persipura Jayapura Lakukan Persiapan Setelah Dapat Detail Kompetisi

Persipura Jayapura, belum bisa memulai persiapan Liga 1 musim ini. Pasukan Jacksen F Tiago tersebut masih menunggu detail kompetisi dari PSSI, untuk menyusun program latihan.

PSSI sudah memutuskan kompetisi musim ini dilanjutkan pada Oktober mendatang. Kepastian tersebut dituangkan federasi sepakbola nasional lewat Surat Keputusan (SK) bernomor SKEP/53VI/2020.

Cuma yang jadi persoalan dalam SK tersebut tidak ada jadwal, regulasi dan sebagainya saat kompetisi diputar. PSSI masih merumuskannya bersama PT Liga Indonesia Baru (LIB).

Sejumlah wacana muncul saat kompetisi dihelat. Mulai dari seluruh pertandingan Liga 1 digelar di Pulau Jawa, penghapusan degradasi, regulasi pemain U-20, kenaikan subsidi, hingga pengurangan jatah promosi klub Liga 2 dari tiga menjadi dua di musim ini.

“Sebagai sebuah klub yang siap untuk segala situasi, sudah pasti kami punya perencanaan. Kami sudah ada komunikasi dengan tim pelatih dan mereka sudah menyiapkan segala sesuatunya yang merujuk pada jadwal dari LIB nanti,” ujar asisten manajer Persipura Bento Madubun.

“Yang kami tunggu untuk memastikan persiapan perencanaan kami adalah protokol seperti yang harus kami terapkan nanti, itu banyak. Bagaimana protokol latihan, protokol pertandingan, jumpa wartawan, transportasi antardaerah dan transportasi lokal, periode pemeriksaan kesehatan untuk sebuah tim seperti apa.”

“Jaminan pembiayaan pemeriksaan dan penanganan bila ada yang reaktif [virus corona], jaminan penerbangan, jaminan terkait izin keramaian atau pertandingan, dan lain sebagainya,” Bento menambahkan.

Bento menegaskan bila PSSI sudah memberikan seluruh kepastian tersebut Mutiara Hitam baru melaksanakan persiapan. Ia merasa tidak sulit untuk mengumpulkan Boaz Solosaa dan kawan-kawan untuk berlatih.

“Semua itu kalau sudah tertuang secara resmi maka Persipura pasti akan mempersiapkan diri. Dan termasuk yang terpenting adalah perizinan dari pemerintah pusat dan kepolisian,” ucapnya.

“Kalau itu semua bisa segera dipastikan, kami akan segera memastikan waktu. Tim pelatih sudah siapkan beberapa opsi waktu dan akan menyesuaikan nantinya,” ia menambahkan.

Kompetisi sudah dihentikan sejak pertengahan Maret lalu, akibat pandemi virus corona. Semenjak itu, seluruh klub termasuk Persipura menginstruksikan para pemainnya untuk berlatih secara mandiri di kediaman masing-masing.