Bertemu Kamboja di Piala Asia U-19, Bagas Kaffa Sebut Timnas U-19 Indonesia Harus Selalu Waspada

Bek timnas U-19 Indonesia, Amiruddin Bagas Kaffa, tak menganggap mudah lawan, khususnya Kamboja, di Piala Asia U-19 2020. Ia berharap skuad Garuda Nusantara selalu waspada.

Timnas U-19 Indonesia bakal mengikuti ajang internasional Piala Asia U-19 2020 yang rencananya digelar pada 14-31 Oktober di Uzbekistan.

Dalam turnamen tersebut, timnas U-19 Indonesia berada di Grup A bersama Kamboja, Iran, dan tuan rumah Uzbekistan.

Lawan-lawan dari timnas U-19 Indonesia itu tak akan mudah sebab semua tim tentu menginginkan tiket untuk lolos ke Piala Dunia U-20 2021.

Meski Indonesia sudah dipastikan lolos ke Piala Dunia U-20 karena berstatus sebagai tuan rumah, ajang Piala Asia U-19 tetap menjadi tolok ukur untuk timnas U-19.

Amiruddin Bagas Kaffa yang masuk dalam skuad pemusatan latihan (TC) timnas U-19 menilai bahwa tuan rumah Uzbekistan akan menjadi lawan terberat di Grup A.

Menurutnya, selain menjadi tuan rumah, Uzbekistan juga masih belum bisa diprediksi kekuatan skuadnya.

Hal itu mengingat timnas U-19 Indonesia belum pernah bertemu Uzbekistan, berbeda dari dua lawan lainnya, Iran dan Kamboja, di mana Garuda Nusantara sudah pernah bertemu sebelumnya.

Timnas U-19 Indonesia pernah melakukan uji coba melawan Iran.

Bagas Kaffa dan kawan-kawan berhasil meraih kemenangan tipis 1-0 atas Iran di Stadion Mandala Krida, Yogyakarta, pada 21 September 2018.

Meski begitu, Bagas mengatakan bahwa semua lawan tetap perlu diwaspadai.

“Ya, semua perlu diwaspadai, apalagi Kamboja juga lolos ke Piala Asia dan berada satu grup. Berarti sudah ada perkembangan yang pesat, jadi tetap selalu waspada,” kata Bagas Kaffa kepada wartawan.

“Tim tuan rumah juga sulit karena mereka belum pernah kami hadapi. Jadi, kami harus mewaspadai seluruh lawan di Piala Asia U-19 ini,” ucapnya.

Pemain Barito Putera itu juga mengaku tak ingin bersantai karena ia belum mengetahui bagaimana kekuatan dari lawan-lawannya nanti.

Saudara kembar dari Bagus Kahfi ini mengatakan akan melihat video-video pertandingan dari negara-negara yang akan menjadi lawan Indonesia nanti untuk mengamati pemainan mereka.

“Saya sejauh ini belum melihat permainan Uzbekistan dan Kamboja. Mungkin nanti akan saya lihat video mereka bermain,” tutur Bagas.

Pada laga perdana di Piala Asia U-19 2020, timnas Indonesia U-19 akan menghadapi Kamboja pada 14 Oktober 2020.

Setelah itu, perjuangan mereka berlanjut melawan Iran pada 17 Oktober dan terakhir kontra Uzbekistan pada 20 Oktober.