Tak Cuma Stadion, Menpora Akan Siapkan Ini buat Piala Dunia U-20 2021

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Republik Indonesia, Zainudin Amali, mengungkapkan akan menyiapkan tempat latihan yang mumpuni untuk Piala Dunia U-20 2021 bersama pihak-pihak terkait.

Bukan hanya stadion tempat pertandingan yang menjadi fokus bagi Menpora Zainudin Amali dan PSSI serta pihak-pihak terkait lainnya menatap Piala Dunia U-20 2021.

Zainudin Amali bersama PSSI dan lainnya juga akan menyiapkan tempat latihan demi menunjang kesiapan Piala Dunia U-20 2021.

Seperti diketahui, belum lama ini PSSI telah memutuskan stadion-stadion yang rencananya akan menjadi venue Piala Dunia U-20 2021.

Hal itu disampaikan langsung oleh Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, dalam konferensi pers pada 27 juni 2020.

Dalam kesempatan itum Iriawan menyebut enam stadion yang diajukan ke FIFA sebagai tempat pertandingan yang akan menghelat Piala Dunia U-20 2021.

Keenam stadion tersebut yaitu Stadion Jakabaring (Palembang), Stadion Utama Gelora Bung Karno (Jakarta), Stadion Si Jalak Harupat (Bandung), Stadion Manahan (Solo), Stadion Gelora Bung Tomo (Surabaya), dan Stadion Kapten I Wayan Dipta (Bali).

FIFA nantinya akan melakukan verifikasi terhadap enam stadion yang telah diajukan PSSI untuk uji kelayakan dan kesiapan menghadapi Piala Dunia U-20 2021.

Rencananya, Piala Dunia U-20 2021 akan dilaksanakan pada bulan Mei 2021.

Demi menyukseskan kompetisi sepak bola yang bergengsi tersebut, Indonesia tentunya tidak hanya menyiapkan stadion tempat pertandingan yang layak.

Salah satu fasilitas lain yang tak kalah penting adalah tempat latihan bagi tim-tim kontestan.

Menpora Zainudin Amali pun membeberkan hal itu dalam konferensi pers terkait persiapan Indonesia menyambut Piala Dunia U-20 2021, Rabu (1/7/2020).

Zainudin Amali menjelaskan bahwa nantinya di sekitar stadion yang sudah dipilih akan disiapkan setidaknya lima tempat latihan.

“Satu stadion yang akan digunakan untuk pertandingan dan lima lapangan latihan harus disiapkan, yang terletak di dekat situ,” kata Zainudin kepada awak media yang juga dihadiri oleh BolaSport.com.

Dalam kesempatannya itu, Zainudin Amali pun sedikit memberikan gambaran yang telah diketahui pihaknya.

Zainudin Amali memberikan salah satu contoh bahwa Stadion Utama Gelora Bung Karno adalah venue yang sudah cukup mumpuni menyambut Piala Dunia U-20 2021 karena terdapat banyak tempat latihan di sekitarnya.

“Yang paling oke yaitu GBK (Gelora Bung Karno) karena ada lapangan ABC, Stadion Madya, dan ada juga lapangan lain yang masih dekat dengan wilayah GBK. Jadi, tidak ada kesulitan,” ujar sosok berusia 58 tahun tersebut.

Zainudin Amali belum bisa memberikan kabar resmi mengenai tempat latihan pada lima stadion lainnya.