Lanjutan Kompetisi Temui Titik Terang, Persipura Jayapura Belum Ubah Materi Latihan

Jacksen F Tiago angkat bicara soal persiapan timnya setelah keluarnya keputusan PSSI terkait kelanjutan Shopee Liga 1 musim 2020. Pelatih Persipura Jayapura tersebut mengaku belum ada perubahan dari materi dan porsi latihan selama ini.

“Sejauh ini, belum ada perubahan apa pun,” kata Jacksen, pada Bola.net.

“Kami tetap dengan program latihan virtual seperti biasa,” sambungnya.

Jacksen pun membeber alasan di balik belum adanya perubahan materi latihan timnya. Menurut pelatih asal Brasil ini, dalam keputusan tersebut belum ada tanggal pasti kapan kompetisi akan kembali digelar.

“Kami belum tahu tanggal pastinya. Ada kabar dimulai pada 1 Oktober, tapi secara resmi belum ada tanggal resminya,” tutur Jacksen.

Sebelumnya, PSSI memastikan bahwa kelanjutan kompetisi Liga 1 dan Liga 2 musim 2020 bakal dilanjutkan lagi pada Oktober mendatang. Kepastian ini ditegaskan federasi sepak bola Indonesia tersebut melalui surat keputusan bernomor SKEP/53/VI/2020 bertanggal 27 Juni 2020.

Selain memastikan kompetisi profesional akan digulirkan lagi mulai Oktober 2020, surat yang ditandatangani Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, ini juga mengatur soal pembayaran gaji dan pelatih selama masa menanti kompetisi digulirkan lagi dan ketika kompetisi sudah bergulir.

Lebih lanjut, Jacksen mengaku saat ini timnya masih fokus menghadapi pandemi Corona. Menurut pelatih berusia 52 tahun tersebut, hal inilah yang juga menjadi pertimbangannya dalam menyusun program latihan bagi timnya.

“Saya berpikir, lebih baik kami fokus hadapi pandemi ini aja. Tidak ada yang berubah,” ucap Jacksen.

“Ini bukan kondisi yang ideal. Seperti kata Presiden Jokowi, dalam rapat kabinet kemarin, ini adalah keadaan di luar kebiasaan,” ia menandaskan.