Tak Sesuai Perkiraan, Arema FC Tetap Sambut Positif Liga 1 Dimulai Oktober

Keputusan PSSI untuk melanjutkan kompetisi pada Oktober mendatang, disambut positif Arema FC. Meski, awalnya klub asal Malang tersebut memperkirakan liga dimulai kembali, September 2020.

Kepastian kompetisi dimulai setelah PSSI mengeluarkan Surat Keputusan (SK) bernomor SKEP/53/VI/2020, yang dikirimkan kepada klub. Namun, belum ada jadwal serta perubahan apa saja yang terjadi kompetisi digelar.

PSSI masih melakukan kajian dari berbagai masukan yang didapatkan untuk mengambil keputusan terbaik. Sejumlah wacana muncul saat kompetisi dimulai seperti seluruh pertandingan Liga 1 digelar di Pulau Jawa, penghapusan degradasi, regulasi pemain U-20, dan kenaikan subsidi.

Penerapan protokol kesehatan ketat juga akan dilaksanakan saat kompetisi digelar. Upaya ini untuk mencegah infeksi virus corona.

“Terima kasih kepada PSSI yang menyampaikan amanah untuk kompetisi ini diteruskan. Walaupun awalnya kami mengira akan dilanjutkan September, ternyata jadinya dimulai bulan Oktober,” kata general manager Arema FC Ruddy Widodo.

Waktu yang tersisa sekarang akan digunakan sebaik mungkin. Ruddy menyatakan bakal melakukan persiapan menyeluruh agar Arema FC dapat tampil maksimal ketika kompetisi mulai dimainkan.

Tak menutup kemungkinan Arema FC melangsungkan pertandingan uji coba sebagai persiapan. Akan tetapi, Ruddy menyatakan bakal melihat perkembangan pandemi virus corona yang melanda Tanah Air untuk mengambil keputusan.

“Persiapan itu ada teknis dan nonteknis. Untuk nonteknis lebih ke arah panitia penyelenggara. Harapannya pada bulan itu [Oktober], walaupun tidak nol persen, kasus virus corona bisa menurun drastis,” ujarnya.

Terakhir kali, Arema FC menjalani pertandingan Liga 1 sebelum kompetisi dihentikan pada 14 Maret 2020. Ketika itu, pasukan Mario Gomez takluk dua gol tanpa balas dari PSIS Semarang.

Semenjak kompetisi dihentikan, seluruh klub termasuk Arema FC, memulangkan skuadnya. Para pemain diminta untuk menjalani latihan mandiri untuk menjaga kondisinya di kediaman masing-masing sesuai dengan program yang diberikan tim pelatih.

Saat ini Arema FC menduduki peringkat 12 klasemen kompetisi kasta teratas nasional tersebut. Klub berjulukan Singo Edan itu mengoleksi tiga poin dari tiga pertandingan yang sudah dimainkannya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.