Aji Santoso Siap Dukung Regenerasi Lewat Regulasi Usia

Regulasi pemain U-20 untuk dimainkan di Liga 1 musim ini menyeruak, seiring dengan saran dari Asosiasi Pelatih Sepakbola Seluruh Indonesia (APSS), beberapa waktu lalu.

Sebagaimana diketahui, Liga 1 akan kembali dilanjutkan demi status Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2021. Kompetisi dinilai punya korelasi dengan timnas Indonesia U-20 yang akan tampil.

Makanya, APSSI sendiri menyarankan supaya regulasi usia untuk pemain diterapkan, supaya ada hasil nyata dari kompetisi, dengan timnas Indonesia yang akan tampil pada Piala Dunia U-20 mendatang.

Aji Santoso, pelatih Persebaya Surabaya, menyatakan siap untuk mendukung regulasi tersebut diwujudkan. Baginya, para pemain muda Indonesia memang butuh bekal cukup untuk bisa tampil di level dunia.

“Saya kira bagus saja. Saya tidak ada masalah. Bagi saya memang perlu juga, apalagi mereka akan menghadapi Piala Dunia nanti pada 2021, tentu mereka perlu jam terbang,” ungkap Aji.

Regulasi usia pernah diterapkan pada Liga 1 2017. Kala itu, Luis Milla butuh menjaring bakat-bakat U-22 untuk Asian Games 2018, sehingga setiap klub Liga 1 wajib memainkan pemain U-22 pada tiap pertandingan.

Dari situ, regenerasi seakan terjadi, dan bakat-bakat muda mulai bisa diandalkan oleh klub hingga berguna untuk timnas Indonesia U-22 di Asian Games. Regenerasi juga dinilai hal yang penting oleh Aji.

“Menurut saya satu ide yang cukup bagus, dan memang biar tumbuh regenerasi pemain-pemain muda. Kalau memang pemain itu memiliki kemampuan yang bagus, hanya masalah jam terbang [kekurangan] mereka-mereka itu,” beber Aji.

Memainkan pemain muda, bahkan membuat mereka melejit bukan hal baru untuk Aji. Eks pelatih Persela Lamongan itu pernah mengandalkan amunisi muda seperti Saddil Ramdani hingga Hambali Tolib, yang kini juga membela Persebaya.

Untuk urusan pemain muda, Persebaya sendiri saat ini memiliki Ernando Ari di posisi kiper, Koko Ari serta Rizky Ridho di posisi bek, Zulfikar Arifin di posisi gelandang, hingga superstar muda Supriadi, yang sudah pernah membela timnas Indonesia U-16 hingga U-19.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.