September, FIFA Bakal Pantau Langsung Stadion Piala Dunia U-20 2021

Pelaksana Tugas (Plt) Sekjen PSSI, Yunus Nusi, mengatakan Federasi Sepak Bola Interternasional (FIFA) bakal datang pada September untuk memantau langsung stadion untuk Piala Dunia U-20 2021.

Indonesia saat ini tengah mempersiapkan diri untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 yang bakal digelar pada 20 Mei-12 Juli 2021.

Dengan penyelenggaraan Piala Dunia U-20 2021 itu, tentu saja PSSI sebagai federasi sepak bola Indonesia terus berkomunikasi dengan FIFA terkait dengan hal-hal yang perlu disiapkan tuan rumah.

Salah satunya soal stadion yang bakal digunakan pada Piala Dunia U-20, sebab sampai saat ini PSSI baru merekomendasikan enam stadion saja.

Namun, FIFA belum bisa memutuskan, apa nantinya stadion yang direkomendasikan oleh PSSI akan disetujui dan sudah berstandar internasional.

Seperti diketahui, FIFA sudah dua kali menjadwalkan kunjungan ke Indonesia untuk memantau langsung stadion yang bakal digunakan di Piala Dunia U-20.

Kunjungan yang dijadwalkan pada Maret dan Mei itu gagal terkait adanya pandemi virus corona (Covid-19) yang terjadi diseluruh belahan dunia.

Akhirnya FIFA pun saat ini menjadwalkan ulang kunjungan ke Indonesia untuk bisa memantau langsung stadionnya.

PSSI juga telah memilih enam stadion yang bakal disampaikan ke FIFA, di antaranya Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Jakarta Pusat, Stadion Gelora Sriwijaya Palembang, Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Stadion Manahan Solo, Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya, dan Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar Bali.

“Rencananya FIFA datang September,” kata Yunus Nusi kepada BolaSport.com.

“Iya, lihat langsung enam stadion itu. PSSI sangat berharap agar FIFA segera datang ke Indonesia untuk liat dan memastikan langsung stadion,” katanya.

PSSI berharap FIFA nantinya bisa datang dan langsung memutuskan enam stadion yang akan digunakan karena harapannya infrastruktur bisa disempurnakan dengan cepat.

Untuk beberapa stadion seperti Stadion Pakansari, Bogor pun masih dalam proses renovasi.

Selain proses renovasi, PSSI memiliki perhatian khusus pada hal-hal yang harus dipersiapkan untuk menyambut Piala Dunia U-20.

Seperti Pekerjaan Rumah (PR) mengenai standar lapangan latihan yang harus memiliki minimal empat lapangan latihan sesuai dengan regulasi FIFA.

Namun, tak hanya itu ada beberapa hal juga yang jadi perhatian, sehingga dengan itu PSSI berharap FIFA datang lebih cepat lebih baik.

“Iya, soal lapangan latihan juga. Untuk perbaikan tribun, ruang-ruang ganti di dalam dan yang lain-lainnya,” tutur pria yang juga menjabat sebagai anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.