Kompetisi Liga 1 Dilanjutkan, Klub Wajib Mainkan Pemain U-20

Demi kepentingan Piala Dunia U-20, PSSI mengeluarkan regulasi yang mewajibkan klub-klub Liga 1 dan Liga 2 memainkan pemain U-20.

Hal tersebut diungkapkan Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, dalam konferensi pers pada Minggu (28/6/2020), di Kantor PSSI, Senayan, Jakarta Pusat, terkait kelanjutan kompetisi Liga 1 dan Liga 2.

PSSI resmi mengeluarkan Surat Keputusan (SK) bernomor SKEP/53/VI/2020 bahwa kompetisi Liga 1, Liga 2, dan Liga 3 dilanjutkan pada awal bulan Oktober mendatang.

Dalam SK tersebut belum disebutkan tanggal kepastian kick-off serta regulasinya, tetapi Mochamad Iriawan berharap kompetisi bisa dimulai 1 Oktober 2020.

Dengan dilanjutkannya kompetisi, PSSI pun mengeluarkan beberapa regulasi baru, di antaranya wacana memainkan pemain U-20 di kompetisi lanjutan 2020.

Asosiasi Pelatih Sepak Bola seluruh Indonesia (APSSI) menyarankan agar regulasi pemain U-20 diterapkan pada kompetisi musim ini.

Hal tersebut untuk mendukung kebutuhan timnas yang bakal berlaga di Piala Dunia U-20 2021 dengan Indonesia menjadi tuan rumah.

“Itu ada aturan tambahan nanti. Kewajiban bagi klub untuk mainkan pemain U-20 dari pemain yang ada,” kata Mochamad Iriawan dalam konferensi pers yang turut dihadiri BolaSport.com, di Senayan, Jakarta Pusat.

Namun, untuk kepastian dan aturannya bakal dibahas kembali oleh PT Liga Indonesia Baru (LIB).

“Kepastian regulasi akan dibahas LIB secara internal karena masih ada waktu dua tiga bulan sebelum kompetisi bergulir,” ucapnya.

Tak hanya itu, pemain yang bakal bermain di liga dan timnas bakal menyesuaikan dengan roadmap dari pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong.

Dalam waktu satu sampai dua hari, Shin Tae-yong bakal memberikan roadmap kepada PSSI.

“Nanti kan disesuaikan dengan jadwal kompetisi tersebut. Nah, ini makanya satu dua hari ini Shin Tae-yong akan memberikan roadmap terbaru.”

“Kami akan sesuaikan dengan itu, sehingga nanti maps ada, kepentingan klub juga terakomodasi, kepentingan timnas juga demikian,” ujar pria yang akrab disapa Iwan Bule.

“Nanti dari pengiriman roadmap tersebut, kami akan diskusikan. Kami akan kirim ke Shin Tae-yong, sehingga mereka dengan tim kami harapkan pada bulan Juli, minggu pertama sudah bisa kembali ke Indonesia.”

“Kemarin sudah rapat virtual dengan saya berdua, sudah disampaikan itu kepada kami, jadi kami atur itu nanti jadwal timnas dengan kompetisi yang ada,” tuturnya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.