TC Timnas Indonesia untuk Piala AFF 2020 Bulan Depan, Shin Tae-yong Tinggal Tunggu Instruksi PSSI

Pelatih timnas U-16 Indonesia, Bima Sakti turut membocorkan persiapan timnas senior di ajang Piala AFF 2020 yang dijadwlkan akhir tahun ini.

Di tengah pandemi COVID-19 yang tak kunjung usai, timnas senior Indonesia belum diketahui persiapannya jelang Piala AFF 2020.

Diberitakan BolaSport.com sebelumnya, sejumlah negara lain di ASEAN telah mengindikasikan bakal mempersiapkan skuat untuk ajang Piala AFF 2020.

Negeri Gajah Putih, Thailand memastikan akan tetapi ikut Piala AFF 2020 dan dan menurunkan skuad terbaiknya.

Timnas Thailand tidak terpengaruh dengan pandemi virus corona yang sangat merugikan kompetisi lokal Thai League 1.

Meskipun nantinya pertandingan Thai League 1 bentrok dengan Piala AFF 2020, timnas Thailand tetap akan tampil maksimal di turnamen bergengsi se-Asia Tenggara tersebut.

“Babak penyisihan grup Piala AFF 2020 akan bersamaan dengan beberapa pertandingan di Thai League 1,” kata Sekjen FAT (Asosiasi Sepak Bola Thailand), Patit Supaphong, seperti BolaSport.com kutip dari laman resmi AFF.

“Tapi setelah kami berada di babak selanjutnya, pelatih timnas Thailand, Akira Nishino akan memiliki semua pemain terbaik yang tersedia,” tambahnya.

Malaysia juga mengindikasikan akan ikut serta dalam Piala AFF 2020.

“Mereka (skuad Harimau Malaya) haris terus bermain (pada Piala AFF 2020), tidak ada sebab mengapa mereka perlu mundur hanya karena ada negara lain yang bertindak demikian,” ujar mantan Sekjen FAM Ibrahim, dikutip BolaSport.com dari Sinar Harian.

“Ini karena kita harus menjaga semangat profesionalisme dan saya yakni FAM akan memberi ‘lampu hijau’ kepada tim nasional untuk turun bermain pada Piala AFF 2020,” tambahnya.

Satu negara yang dirumorkan tidak akan mengikuti Piala AFF adalah Filipina. Mereka kemungkinan mundur dari Piala AFF 2020 karena liga domestik ditangguhkan hingga Desember.

Lalu bagaimana dengan Indonesia?

Pelatih timnas U-16 Indonesia, Bima Sakti membocorkan bahwa pelatih Shin Tae-yong sedang merencanakan berbagai rencana untuk timnas senior dalam persiapan Piala AFF 2020.

“Mereka sebenarnya saya denger dari Coach Nova Arianto, bahwa Cocah Shin Tae-yong juga sudah menyiapkan plan A, plan B dan C,” ujarnya dalam wawancara live IG BolaSport.com.

Bima juga mengindikasikan pemusatan latihan timnas senior siap digelar, dan hanya menunggu instruksi PSSI saja.

“Tinggal menunggu instruksi dari PSSI, dan tentunya arahan dari pemerintah. PSSI juga pengen semuanya berdasarkan koordinasi dengan pemerintah,” ujarnya.

“Jika sudah dapat instruksi dari PSSI yang disetujui pemerintah, saya pikir mereka juga harus bergegas, karena tanggung jawab mereka lebih besar.”

“Walaupun kesempatan mereka (timnas senior) sudah tertutup di Kualifikasi Piala Dunia 2022, tetapi harus tetapi dipersiapkan (Piala AFF 2020).

Saat ditanya mengenai kemungkinan pemusatan latihan di bulan Juli atau Agustus seperti yang sudah dilakukan timnas kelompok usia lain, Bima Sakti tak menampik.

“Saya pikir hampir sama dengan timnas kelompok usia lainnya (soal TC timns senior), banyak ngobrol dengan coach Nova dia sudah tanya kesiapan timnas U-16, tapi memang harus tetap menunggu instruksi PSSI,” ujarnya.

“Semua tergantung dengan pemerintah, jika sudah bisa kegiatan jalan walaupun dengan protokol kesehatan,” tambahnya.

Sebelumnya Shin Tae-yong mengaku memprioritaskan persiapan timnas U-19 Indonesia karena berkaitan dengan Piala Dunia U-20 2021.

“Timnas senior sudah pasti sulit untuk berpastisipasi di Piala Dunia 2022 karena telah kalah dalam 5 laga. Timnas U-23 juga sudah gagal tembus Olympiade Tokyo, sehingga tak ada jadwal apapun,” kata Shin kepada media Korea Selatan, KBS News.

“Paling penting adalah Piala Dunia U-20. Itu akan berlangsung di Indonesia tahun depan, jadi semua publik tertuju pada ajang ini.”

“Indonesia tak akan melewati kualifikasi karena otomatis lolos setelah jadi tuan rumah, tapi tetap perlu persiapan matang,” tambahnya.