Teco Ungkap Potensi Pemain Eropa Banjiri Indonesia

Pelatih Bali United, Stefano Cugurra Teco meyakini gelombang pemain Eropa ke Indonesia berpotensi melonjak. Syaratnya, 18 pemain Eropa yang ada di Liga 1 2020 bisa menunjukkan prestasi gemilang.

Brasil menjadi negara dengan distribusi pemain asing paling banyak. Total ada 24 pemain asal Brasil yang berkarier di Indonesia. Berikutnya menyusul enam pemain yang datang dari Belanda.

Selain enam yang datang dari Belanda, ada 12 lain yang berasal dari Eropa. Jumlah ini terbilang banyak untuk kompetisi di Asia. Apalagi sebelum 2010 lalu, Indonesia lebih didominasi pemain asal Amerika Selatan dan Afrika.

Prestasi dari 18 pemain yang ada musim ini akan jadi penentu. Jika Marco Motta, Adam Mitter, Yevhen Budnik hingga Petteri Pennanen sukses berprestasi, gelombang baru berpotensi datang dari Inggris, Ukraina, Italia hingga Finlandia.

“Tergantung dari pemain Eropa yang ada di liga sekarang. Jika prestasi menurun, mungkin tim tidak mau pakai lagi. Bisa lihat dari negara lain. Tapi jika prestasi tetap bagus, pasti datang pemain lain dari Eropa,” ucap Teco.

Teco tak memungkiri kehadiran Michael Essien di Indonesia tahun 2017 menjadi daya tarik tersendiri. Liga Indonesia lebih dikenal di Eropa. Para pemain beken pun tak ragu untuk datang.

Salah satunya Marco Motta yang kini berseragam Persija. Motta yang pernah berseragam Juventus, AS Roma dan Timnas Italia sudah mencatatkan assists di Liga 1 2020.