Masih Empat Tahun Lagi Leonard Tupamahu Bakal Pensiun

Bek Bali United, Leonard Tupamahu (36), menjadi salah satu pemain senior saat ini. Bayang-bayang gantung sepatu pun sudah hadir di kepalanya.

Namun, tidak dalam waktu 1-2 tahun ini ia ingin mengakhiri kariernya sebagai seorang bek. Pemain yang mengawali karier profesionalnya bersama Persija itu memiliki target bahwa ia akan pensiun sekitar empat tahun lagi.

“Mungkin saja jika Tuhan mengizinkan saya main sampai umur 50. Tapi kalau target, saya punya target main sampai umur 40,” tutur Leonard, di channel Youtube Bali United.

“Kalau memang diberikan kekuatan sampai umur segitu, saya ikut saja, saya jalani saja. Saya ingin tahu,” ucapnya lagi.

Jika melihat performanya saat ini, bermain hingga beberapa tahun lagi seharusnya masih memungkinkan. Pasalnya, hingga musim lalu saja dia masih tampil reguler bersama Bali United dan sukses mengakhiri musim dengan trofi juara Liga 1 2019. Ia bermain 22 kali di mana hanya tiga kali turun sebagai cadangan.

Sementara itu, jika waktunya pesiun, Leonard telah memproyeksikan dirinya jadi seorang pelatih. Modal ke arah sana pun sudah ada, yaitu lisensi C AFC yang telah dikantonginya.

“Saya sudah punya lisensi C dari 2017, ketika di Borneo saya ditawari untuk ambil. B juga sudah disuruh ambil, tapi karena waktu dan jadwal tidak memungkinkan, jadi saya tunda. Mimpi saya ingin jadi pelatih tim nasional,” tuturnya.