Liga 1 Siap Dilanjutkan, Pelatih Persebaya: Surabaya Zona Merah Tua, Apa Boleh Latihan?

Pelatih Persebaya Surabaya, Aji Santoso, mengaku kebingungan mempersiapkan timnya jelang wacana kembali bergulirnya Liga 1 2020.

Mulai ada wacana bahwa Liga 1 2020 kemungkinan bisa dilanjutkan pada bulan September 2020.

Hal itu diketahui dari rapat virtual yang dilakukan PSSI bersama perwakilan klub Liga 1 dan Liga 2 pada Selasa (2/6/2020).

Dalam rapat virtual tersebut, PSSI menyampaikan opsi kelanjutan kompetisi yang bisa dimulai September mendatang.

Selain itu, Plt Sekretaris Jenderal PSSI, Yunus Nusi, menyebut semua klub sepakat untuk melanjutkan Liga 1 dan Liga 2 2020.

Wacana tentang kelanjutan Liga 1 2020 pun mendapat banyak respons dari berbagai pihak, termasuk pelatih Persebaya, Aji Santoso.

Dia menilai cukup berisiko menggelar kompetisi Liga 1 2020 di tengah pandemi virus corona.

Aji juga mengaku cukup kebingungan untuk mempersiapkan timnya menjelang kembalinya kompetisi.

Kekhawatiran Aji Santoso itu bukan tanpa alasan. Dikutip dari Tribun Jatim, hingga awal Juni angka positif Covid-19 di Jawa Timur masih tinggi.

Terlebih, di Surabaya kini telah berstatus zona merah tua.

“Terus bagaimana dengan Surabaya yang kondisinya seperti itu? Seandainya ada pemain yang positif, siapa yang tanggung jawab?,” kata Aji Santoso, dikutip KOMPAS.com dari Tribun Jatim.

“Saya dengar di Surabaya masih banyak tempat yang terindikasi zona merah. Apakah boleh kami latihan?,” ucap Aji Santoso.

Meskipun PSSI mengatakan semua klub setuju liga dilanjutkan, ada satu klub yakni Madura United yang kukuh menolak mengikuti kompetisi.

Madura United menegaskan mereka lebih mementingkan keselamatan pemain dan pelatihnya agar tak tertular virus corona.

“Kan sudah jelas, kalau mau lanjut silakan. Akan tetapi, Madura United tidak ikut,” Kata Direktur Madura United, Haruna Soemitro.