Piala AFF 2020 Kemungkinan Tetap Digelar Tepat Waktu

Piala AFF 2020 rencananya tetap digelar sesuai jadwal meski pandemi virus corona belum pasti kapan berakhir. Kejuaraan bergengsi level Asia Tenggara itu akan dilaksanakan pada pengujung tahun ini.

Sebelumnya, Suzuki sebagai sponsor utama kejuaraan memastikan komitmen mereka terhadap event ini. AFF juga sudah menjaring beberapa kemitraan untuk Piala AFF tahun ini, termasuk soal penyiaran.

Dikutip dari Straits Times, juru bicara dari AFF mengatakan: “Piala AFF masih tetap sesuai jadwal yang kami rencanakan, dan segala rencana kami masih berada di jalur yang sama,” bebernya kepada media Singapura tersebut.

Format Piala AFF 2018, yang membuat kejuaraan tak lagi dilaksanakan hanya di dua negara, juga kemungkinan masih sama pada edisi tahun ini. Meski demikian, kesehatan dan keselamatan seluruh pihak masih merupakan prioritas.

“Tentu saja, keselamatan dan kesejahteraan semua pemangku kepentingan, termasuk pemain dan penggemar, tetap menjadi prioritas utama kami,” beber juru bicara AFF.

“Kami sedang berkonsultasi dengan berbagai asosiasi anggota, dan lembaga pemerintah terkait tentang apa yang akan diperlukan untuk keberhasilan pementasan turnamen,” imbuhnya menambahkan.

FIFA sebagai induk federasi sepakbola dunia juga telah membuat prosedur kesehatan yang berkaitan dengan pelaksanaan sepakbola di tengah pandemi virus corona, sesuai anjuran WHO (organisasi kesehatan dunia).

Prinsip panduan yang penting adalah bahwa dimulainya kembali kegiatan sepakbola tidak boleh membahayakan kesehatan individu atau masyarakat. Selain itu, keputusan untuk kembali menggelar kegiatan sepakbola harus didasarkan pada informasi kesehatan yang obyektif untuk memastikan bahwa kegiatan dilakukan dengan aman dan tidak berisiko meningkatkan tingkat penularan Covid-19 lokal.