Pantau dari Jauh, Ini Bukti Ketegasan Shin Tae-yong ke Timnas U-19

Pelatih Timnas Indonesia U-19, Shin Tae-yong tetap menunjukkan ketegasannya meski hanya memimpin latihan secara virtual. Ia selalu mengingatkan para pemainnya untuk menjaga asupan makanan.

Shin Tae-yong disebut sangat disiplin terkait hal itu. Seluruh pemain di semua level Timnas dilarang untuk mengonsumsi gorengan karena tidak bagus untuk pesepak bola profesional.

Meski hanya mengawasi dari jauh, pelatih asal Korea Selatan itu tak bosan-bosannya mengingatkan soal nutrisi yang masuk ke tubuh anak-anak asuhnya. Hal itu diungkapkan oleh striker Timnas U-19, Sutan Zico.

“Pelatih tidak pernah bosan selalu mengingatkan pemain untuk menjaga asupan makanan. Itu tentunya sangat baik agar kondisi kami dapat terjaga. Pantangannya seperti gorengan dan makan pedas,” ujar Zico.

Setelah melarang gorengan dan makanan pedas, Shin Tae-yong meminta para pemain untuk banyak mengonsumsi makanan yang banyak mengandung protein maupun karbohidrat seperti daging, ikan, serta suplemen lainnya.

Namun, semua makanan itu harus diimbangi dengan makan sayuran dan buah yang dinilai bagus untuk pencernaan.

“Sekali lagi pemain harus memiliki kesadaran sendiri terkait hal ini mengingat tidak ada kontrol langsung dari pelatih karena kami masih menjalani latihan di rumah,” imbuh Zico soal aturan yang ditetapkan.

Latihan virtual Timnas U-19 dimulai sejak 14 Mei lalu dan diikuti 44 pemain. Shin Tae-yong hanya memantau lewat tayangan live di aplikasi bersama asistennya dari Korea Selatan.

Timnas Indonesia U-19 memang disiapkan untuk menghadapi Piala AFC U-19 bulan Oktober di Uzbekistan. Selain itu, mereka juga akan berlaga di ajang bergengsi, Piala Dunia U-20 2021 yang berlangsung di Indonesia.