Dejan Antonic Sambut Positif Rencana Lanjutnya Shopee Liga 1 2020

PSSI berencana melanjutkan Shopee Liga 1 dan Liga 2 2020 mulai September dan Oktober mendatang. Kompetisi bukannya memulai musim baru, melainkan dilanjutkan.

Hal itu disampaikan PSSI dalam virtual meeting dengan klub Liga 1 dan Liga 2, Selasa (2/6/2020). PSSI juga menawarkan kompetisi terkonsentrasi di Pulau Jawa, kenaikan nilai subsidi, hingga penghapusan sistem degradasi di Liga 1.

Khusus Liga 2, kompetisi akan dilanjutkan namun formatnya diganti turnamen. Sebanyak 24 tim akan dibagi ke dalam empat grup dari yang awalnya hanya dua grup saja.

Satu hal yang berubah adalah jatah promosi menjadi hanya dua tim saja dari yang seharusnya tiga tim. Sama seperti Liga 1, Liga 2 juga bakal dimainkan di Pulau Jawa.

Kendati keputusan itu belum final, pelatih PSS Sleman, Dejan Antonic menyambut baik terkait rencana bergulirnya Liga 1. Sebab, banyak pemain maupun pelatih yang menggantungkan hidup dari sepakbola.

“Memang belum 100 persen diputuskan, namun saya menyambut positif rencana itu. Karena pemasukkan pelatih dan pemain mungkin banyak yang bergantung pada sepak bola,” kata Dejan, Rabu (3/6/2020).

Namun, sebelum liga benar-benar berlanjut banyak yang harus dibahas. Terkait kontrak pemain maupun pelatih.

“Kontrak pemain dan pelatih memang habis sampai Desember nanti, mungkin itu akan masuk dalam pembahasan,” ungkapnya.

Bukan hanya kontrak, program latihan juga harus dibahas lebih lanjut. Pasalnya, disetopnya kompetisi berakibat pada menurunnya kondisi fisik para pemain.

“Termasuk juga soal program latihan karena jujur saja sudah dua bulan lebih pemain tidak latihan bersama,” jelasnya.

Mantan pelatih Madura United itu tetap berharap kondisi di Indonesia segera normal.

“Namun apapun itu sebagai rencana positif untuk sepak bola Indonesia. Semoga situasi di Indonesia bisa lebih baik dan kembali normal,” tutupnya.