Shin Tae-Yong Akui Tidak Mudah Tangani Tiga Tim Nasional

Pelatih asal Korea Selatan Shin Tae-yong mengakui tidak mudah menangani tiga tim nasional sekaligus, dan akhirnya memilih berkonsentrasi menangani skuad timnas Indonesia U-19 agar bisa tampil bagus di kualifikasi Piala Dunia U-20 2021.

PSSI mendatangkan Tae-yong untuk menangani timnas senior, U-23, dan U-19. Hanya saja, langkah timnas senior di kualifikasi Piala Dunia 2022 sudah hampir pasti tertutup, sedangkan timnas U-23 tidak memiliki agenda pada tahun ini dan 2021.

Karena itu, Tae-yong lebih berkonsentrasi membentuk timnas U-19. Meski mengikuti kualifikasi Piala Dunia U-20 2021, Indonesia tetap dipastikan lolos dengan hasil apapun, mengingat statusnya sebagai tuan rumah.

“Awalnya saya kira tidak terlalu sulit [menangani tiga timnas]. Tapi saya pikir ternyata lebih sulit ketika sudah mengumpulkan pemain. Namun untuk mengembangkan sepakbola Indonesia dalam jangka waktu panjang, akan lebih mudah membentukan dari pemain muda,” ujar Tae-yong dalam wawancaranya dengan stasiun televisi KBS.

“Tim senior sudah pasti sulit lolos ke babak berikutnya, karena menelan kekalahan di lima pertandingan. Timnas U-23 tidak mempunyai agenda. Hal paling penting adalah Piala Dunia U-20. Itu digelar di Indonesia tahun depan, sehingga menjadi prioritas.”

Status tersebut membuat Tae-yong menggelar pemusatan latihan (TC) timnas U-19. Meski terpisah jarak sekitar 5.000 kilometer, hal itu tidak menyurutkan Tae-yong memimpin anak asuhnya berlatih.

Tae-yong yang dibantu asisten pelatih Lee Jae-hong fokus menjaga kebugaran pemain. Selain itu, ia memperhatikan asupan pemain dalam membantu meningkatkan kebugaran mereka.

“Pemain Indonesia memperhatikan betapa pentingnya asupan nutrisi, sehingga tidak tahu apa yang harus dikonsumsi. Itu membuat mereka tidak banyak makan makanan mengandung protein,” ucap Tae-yong.

Tae-yong belum bisa memastikan bisa kembali ke Indonesia untuk memimpin latihan tim secara langsung. Jika pandemi virus Corona tidak kunjung membaik, Tae-yong berencana memboyong tim ke Korsel.

Sementara itu, salah satu pemain, Pratama Arhan Alif, tetap senang mengikuti latihan di bawah bimbingan Tae-yong. Penggawa PSIS Semarang ini menyebutkan, ia berambisi membantu timnas U-19 meraih hasil bagus di Piala Dunia U-20.

“Dia sosok pelatih yang disiplin, tegas, tapi juga lucu (humoris). Saya ingin menjadi juara Piala Asia, AFF, dan tampil di Piala Dunia U-20,” ucap Pratama.