Purnawirawan Jenderal Ini Siap Jawab Keraguan Publik Tentang Jabatannya di PSSI

PSSI sempat mendapat sorotan publik setelah menunjuk dua purnawiran TNI Angkatan Darat sebagai staf khusus ketua umum PSSI, Mochamad Iriawan. Kedua purnawirawan TNI AD yang diangkat Iriawan adalah Mayjen TNI (Purn) Leo Siegers dan Mayjen TNI (Purn) Andogo Wiradi.

Penunjukkan kedua purnawirawan jenderal Angkatan Darat tersebut dinilai cukup mengherankan. Pasalnya, keduanya tidak memiliki latar belakang pengetahuan yang cukup tentang sepak bola.

Namun, Direktur Olahraga Persija, Ferry Paulus punya pendapat lain. Ferry mengatakan Leo dan Andogo bisa memberikan kontribusi untuk PSSI, apalagi Leo saat masa mudanya pernah menjadi pemain PSM Makassar pada 1970.

“Beliau tidak meneruskan sebagai pemain PSM Makassar karena masuk di akademi militer Magelang. Saya punya keyakinan Pak Leo pasti bangga menjadi staf khusus di PSSI karena bisa mengabdi serta kembali melengkapi cita-cita ketika masih sebagai pemain sepak bola,” kata Ferry.

Di sisi lain, Leo mengaku bangga diberikan kepercayaan menjadi staf khusus Ketua Umum PSSI. Soal pendapat publik yang meragukan kapasitasnya, mantan Pangdam I Bukit Barisan itu siap membuktikannya.

“Suatu kebanggaan bagi saya dipercaya Ketua Umum PSSI untuk membantu di PSSI. Saya mencintai sepak bola sejak kecil dan mengikuti perkembangan sepak bola Indonesia. Keluarga saya juga suka sepak bola, dan saya pernah menjadi pemain PSM Makassar bersama adik saya Hengky Siegers di era 1970 an. Bahkan ia sempat menjadi pemain Timnas Indonesia era 80’an” kata Leo Siegers.

“Jika tidak masuk militer, saya pasti sudah menjadi pemain bola profesional. Saat itu saya harus memilih apakah berkarier di militer atau sepak bola. Militer akhirnya menjadi jalan hidup saya, meskipun sepak bola tidak bisa lepas dari bayang-bayang saya.”

“Saya dengan pak Andogo sudah mulai bekerja. Tentu dengan kerja keras, kami yakin dibawah kepemimpinan Mochamad Iriawan, PSSI dan sepak bola Indonesia dapat berjaya dan meraih prestasi,” kata Leo Siegers.

Leo sudah memulai tugasnya ketika mendampingi Iriawan saat Wasekjen PSSI Maaike Ira Puspita bertemu Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali, 22 Mei lalu untuk menyampaikan perkembangan persiapan penyelenggaraan Piala Dunia U-20 2021. Lalu, pada Jumat (29/5/2020) kemarin para staf khusus ini ikut rapat virtual PSSI bersama dengan seluruh tim Liga 2 2020.