PSSI Lakukan Prosedur Kesehatan untuk Pemusatan Latihan Timnas

PSSI sudah menyiapkan prosedur tetap terkait kesehatan bila roda kompetisi Liga 1 dan Liga 2, hingga pemusatan latihan Timnas Indonesia kembali bergulir. Protap kesehatan ini pun mengadopsi banyak pihak dari Kemenkes, Kemenpora bahkan dari FIFA.

Roda kompetisi Liga 1 dan Liga 2 memang direncanakan kembali bergulir. PSSI berencana kembali menggulirkan kompetisi antara bulan September hingga Oktober mendatang.

Terkait hal ini PSSI menyiapkan standar kesehatan ketat bila hal ini terjadi. Diutarakan oleh Plt Sekjen PSSI, Yunus Nusi bahwa PSSI sudah memiliki prsedur tetap akan kesehatan.

Bahkan Yunus mengaku tak hanya menyiapkan prsedur kesehatan untuk peserta liga, bahkan PSSI sudah menyiapkan bila Timnas Indonesia kembali menggelar pemusatan latihan.

Nantinya bila Timnas Indonesia kembali melakukan pemusatan latihan di satu daerah, PSSI akan melakukan tes kesehatan bagi seluruh penggawa Timnas Indonesia.

“Sama saja sih. Bedanya, kan ada di satu tempat kalau timnas. Kita panggil nanti kalau PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) dicabut di Jakarta kita bawa ke Jakarta. Kalau timnas mungkin bukan rapid tes lagi, tapi swab,” ucap Yunus Nusi.

Memang Yunus belum mengetahui kapan nantinya Timnas Indonesia akan kembali melakukan pemusatan latihan. Baginya bila masih ada penerapan PSBB di Jakarta Timnas Indonesia masih melakukan pemusatan latihan secara virtual.

Pemusatan latihan secara virtual pun sudah dilakukan Skuat Garuda. Mereka berlatih di bawah arahan langsung manjaer pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong dari Korea Selatan langsung.