Liga 1 2020 Bakal Berlanjut, PSIS Butuh Waktu Beradaptasi Lagi

PSIS Semarang ikut menantikan kepastian mengenai kejelasan kompetisi Liga 1 2020 di tengah pandemi virus corona COVID-19. Ketetapan masa Kelaziman Baru dari pemerintah memungkinkan kompetisi sepak bola Indonesia akan kembali berlanjut pada September atau Oktober 2020.

Berdasarkan arahan hasil rapat virtual antara PSSI dan klub peserta, Liga 1 2020 bisa kembali bergulir pada September mendatang. Tentu dengan catatan protokol kesehatan mengantisipasi penyebaran virus corona tetap diterapkan.

Rencana bergulirnya kembali kompetisi tentu membuat klub peserta harus mulai kembali mengumpulkan skuat dan membangun kembali kesiapan menghadapi pertandingan setelah selama lebih daru dua bulan tidak berkompetisi dalam level tertinggi.

Pelatih PSIS Semarang, Dragan Djukanovic, menilai timnya perlu kembali menyusun persiapan dengan durasi sekitar dua bulan sebelum kompetisi yang sebenarnya bergulir.

“Normalnya kami perlu melakukan pramusim lagi pada Juli mendatang, tentu jika kompetis idimulai lagi pada September. Namun, semua kewenangan ada di manajemen klub yang mengambil keputusan,” ujar Dragan Djukanovic, Rabu (3/6/2020).

Menunggu Rapat Exco PSSI

Kepastian kompetisi sepak bola di Indonesia dalam penerapan Kelaziman Baru bakal ditentukan dalam waktu dekat melalui rapat Exco PSSI. Berbagai usulan dan arahan menjadi bahan pertimbangan dalam mengambil kebijakan.

Pelatih PSIS Semarang itu berharap keputusan yang diambil terbaik untuk seluruh pihak, mengingat bahayanya pandemi COVID-19 bagi siapapun, seperti yang ia utarakan sebelum kompetisi ditangguhkan oleh federasi beberapa waktu lalu.

“Pemain sudah lama tidak berlatih bersama. Saya berharap mereka bisa menjaga kondisi dan kesehatan dengan baik,” jelas pelatih asal Montenegro itu.