Diminati Klub Thailand, Febri Hariyadi Dinilai Layak Main di Manchester City

Banyak pemain mulai dari Michael Essien hingga Sergion van Dijk menilai pemain Persib Bandung, Febri Hariyadi, memang pantas bermain di luar negeri.

Nama Febri Hariyadi tengah menjadi komoditi panas dalam bursa transfer tengah musim 2020.

Pemain Persib Bandung itu tengah dikaitkan dengan klub asal Thailand, Muangthong United, yang dikabarkan berniat merekrutnya.

Kabar itu sendiri pertama kali dicuitkan oleh jurnalis ESPN, Paul Murphy, dalam akun Twitter pribadinya.

“Winger internasional Persib, Febri Hariyadi dikaitkan dengan kepindahan ke Muangthong United,” tulisnya dalam Twitter.

Rumor itu semakin memanas setelah media Thailand THSport juga turut memberitakan bahwa Febri akan mengisi slot pemain asing asal ASEAN di Muangthong United.

Hal itu seiring dengan kepergian dua bintang Muangthong, Sarach yooyen dan Adisorn Phromrak, yang pergi secara mengejutkan.

Ditambah lagi, pelatih Muangthong United, Alexandre Gama, juga mengaku bahwa timnya mungkin saja mendatangkan pemain baru.

“Kami harus menyiapkan tim dengan para pemain muda. Kita lihat saja, kami belum tahu karena liga masih sangat panjang,” ujarnya dikutip BolaSport.com dari channel Youtube Ta Lao Podcast.

“Mungkin tim akan sedikit berubah, ada yang pergi dan ada yang datang. Kami belum tahu. Saya percaya Muangthong akan mendatangkan beberapa pemain,” tambahnya.

Febri Hariyadi sendiri memang pernah mendapat saran dan rekomendasi untuk bermain di luar negeri.

Salah satunya datang dari mantan pemain Chelsea, Michael Essien, yang juga pernah bermain bersama Febri di Persib Bandung.

Hal itu disampaikan Essien ketika berbincang dengan pengamat sepak bola nasional, Akmal Marhali, tentang pemain Indonesia yang layak berkarier di luar negeri.

“Essien menyebut pemain seperti Febri Hariyadi, Septian David Maulana, Saddil Ramdani, Witan Sulaiman, Syahrian Abimany, Bayu Gatra, dan lainnya harus mengembangkan kemampuan ke luar negeri agar bisa mengangkat prestasi mereka,” tulis Akmal di akun Instagramnya, seperti dikutip Bolasport.com dari Tribun Jabar.

Selain Essien, kapten Persib Bandung, Supardi Nasir, juga pernah mengungkapkan bahwa juniornya itu layak bermain di luar negeri.

Supardi menilai bahwa Febri memiliki kemampuan di atas rata-rata yang dapat dimanfaatkan untuk bermain di liga lain.

“Ya itu Febri pemain punya talenta, ada hal-hal yang lebih, semuanya d iatas saya, ada yang perlu Febri tingkatkan,” tutur Supardi.

“Dia pemain luar biasa semoga terus meningkat. Saya juga berharap dia main di luar Indonesia, karena dia puya skill,” katanya.

Mantan striker Persib Bandung, Sergio van Dijk, juga punya pendapat serupa.

Bahkan, pemain naturalisasi berdarah Belanda itu sempat menilai bahwa Febri layak bermain di Manchester City.

Namun untuk mencapai prestasi itu, Febri perlu bermain di Melbourne City yang menjadi tim satelit Manchester City terlebih dahulu.

Menurut van Dijk, langkah itu akan membantu Febri jika dirinya memang ingin bermain di Liga Inggris bersama tim asuhan Pep Guardiola itu.