Ada Opsi Laga Liga 1 Tanpa Penonton, Dedik Setiawan: Pasti Aneh

Striker berjulukan Drogba di klub Liga 1 Arema FC, Dedik Setiawan menilai sebuah pertandingan sepak bola tanpa penonton akan terasa aneh, setelah akrab dengan ingat bingar suporter di sudut tribun stadion.

Kalimat itu tercetus ketika mendengar adanya opsi semua laga sepak bola di Indonesia bisa berlangsung tanpa penonton, seperti yang sudah dilakukan oleh kompetisi sejumlah negara di Eropa selama ada pandemi virus corona.

Hal itu tak lepas dari upaya nyata mencegah kembalinya pandemi virus corona. Laga tanpa penonton dianggap bisa menekan angka perkembangan virus dengan tidak adanya kerumunan orang di satu tempat, sekaligus menerapkan new normal dengan protokol kesehatannya.

“Pertandingan tanpa penonton itu, ya terasa aneh,” ucap striker kelahiran Dampit, Kabupaten Malang berusia 25 tahun itu kepada awak redaksi berita olahraga INDOSPORT pada Sabtu (30/05/20) lalu.

“Karena kan di (Stadion Kanjuruhan) biasa ramai, full suporter, terus jadi sepi. Aneh saja,” sambung Dedik.

Dia lalu teringat pada masa sulit bersama Arema FC, pada penghujung kompetisi Liga 1 musim 2018 lalu.

“Rasanya beda sekali. Walau pun sebagai pemain profesional, ya harus fight bertanding apa pun kondisinya,” tandas dia.

Waktu itu, Dedik membawa Arema FC menyapu bersih 5 laga home Liga 1 tanpa penonton, akibat sanksi Komdis PSSI. Dimulai mengalahkan Bali United (3-1), PSMS Medan (5-0), Perseru Serui (4-1), Barito Putera (3-1) dan Sriwijaya FC (2-1).