Robert Alberts Tak Sreg Kompetisi Diganti Turnamen

PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) belum menentukan bagaimana kelanjutan kompetisi Indonesia, khususnya Liga 1 dan Liga 2, yang sudah ditangguhkan sejak 16 Maret.

Penangguhan tersebut dilakukan PSSI sejak ada arahan pemerintah terkait bencana virus corona di Indonesia. Rencananya keputusan terkait kompetisi akan diambil dalam waktu dekat.

Ada indikasi bahwa kegiatan sepakbola dilanjutkan dengan protokol kesehatan yang ketat, sesuai dengan rencana memberlakukan ‘new normal’. Namun, belum tahu bagaimana format kompetisi.

Bisa jadi kompetisi musim 2020 diteruskan, atau bahkan kompetisi diganti dengan turnamen. Namun, bagi pelatih Persib Bandung Robert Alberts, mengganti turnamen dengan kompetisi tidak tepat.

“Turnamen adalah hal berbeda. Turnamen terlalu banyak pertandingan dalam skema yang terlalu singkat,” buka pelatih berkebangsaan Belanda tersebut, dikutip laman resmi Persib.

“Sementara dengan bermain di liga [kompetisi], pemain punya match fitness. Banyak pemain di negara lain yang sudah melanjutkan liga, juga memiliki match fitness,” imbuh eks arsitek Arema itu.

Menurut Robert, yang harus dilakukan saat ini adalah melanjutkan liga yang sudah berjalan sebelumnya, sebelum penangguhan diberlakukan, dengan segala penyesuaian karena kondisi pandemi.

“Kalau bergulir, kompetisi tinggal melanjutkan jadwal. Ini akan sangat bagus untuk pemain,” tukas Robert.

Sebelum kompetisi disetop karena wabah corona, Persib menjadi raja klasemen karena tampil sempurna. Dari tiga penampilan, Maung Bandung sukses meraih sembilan poin maksimal karena tiga kemenangan.