Nanti Malam, PSSI Gelar Rapat untuk Putuskan Kelanjutan Kompetisi

Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia ( PSSI) dikabarkan bakal menggelar rapat Komite Eksekutif (Exco) untuk menghasilkan keputusan akhir soal kelanjutan Liga 1 dan Liga 2 2020.

Rapat tersebut direncanakan berlangsung pada Rabu (3/6/2020) malam WIB.

Pertemuan yang berlangsung secara virtual itu akan dihadiri oleh seluruh anggota Exco PSSI, termasuk Ketua Umum Mochamad Iriawan.

“Rencananya malam ini,” kata pelaksana tugas Sekretaris Jenderal PSSI, Yunus Nusi, dikutip dari Antara, Rabu (3/6/2020).

Sebelumnya, PSSI juga sudah melakukan rapat virtual untuk membahas kelanjutan kompetisi dengan PT LIB bersama klub peserta Liga 1 dan Lig1 2 2020 pada Selasa (2/6/2020).

Pada pertemuan tersebut, PSSI melalui Ketum Mochamad Iriawan memberikan opsi-opsi terkait kelanjutan kompetisi 2020.

“Hari ini (Selasa), PSSI memberikan opsi-opsi kepada klub Liga 1 dan Liga 2 terkait kelanjutan kompetisi. Jadi, keputusan tetap di rapat Komite Eksekutif,” kata Plt Sekjen Yunus Nusi.

“Opsi-opsinya seperti Liga 1 dimulai September atau Oktober, setelah itu terkait nominal penambahan subsidi, dan pertandingan dimainkan di Pulau Jawa, serta konsep degradasi dan promosi,” lanjutnya.

Sementara itu, untuk Liga 2, PSSI menawarkan opsi dengan home tournament.

Formatnya adalah ada empat grup dengan masing-masing diisi oleh enam tim dan dimulai pada bulan Oktober 2020.

“Jadi opsi untuk status kompetisi Liga 1 dan Liga 2 adalah kompetisi lanjutan. Kompetisi akan dilanjutkan dengan protokol kesehatan yang ketat,” kata Yunus Nusi melanjutkan.

Demi kelanjutan kompetisi, PSSI terus berkomunikasi dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI.

Selain itu, PSSI juga berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait seperti Gugus Tugas Covid-19, Kementerian Kesehatan, Kepolisian Republik Indonesia, dan otoritas lainnya.

PSSI juga berjanji akan menyiapkan payung hukum terkait kontrak pemain dan pelatih dengan melakukan diskusi bersama APPI (Asosiasi Pesepak Bola Profesional Indonesia) dan APSSI (Asosiasi Pelatih Sepak Bola Seluruh Indonesia).

Adapun Liga 1 dan Liga 2 telah ditangguhkan selama tiga bulan sejak pertengahan Maret 2020 karena pandemi virus corona.

Sebelum ditangguhkan, Liga 1 2020 baru memasuki pekan ke-3. Persib Bandung memimpin klasemen sementara dengan koleksi 9 poin dari 3 pertandingan.