Muncul Opsi Format Baru Liga 1 dan Liga 2, Rapat Exco PSSI Belum Diagendakan

PSSI merilis beberapa opsi terkait kelanjutan kompetisi Liga 1 dan Liga 2 2020. Dalam opsi tersebut, ada beberapa peraturan yang diubah.

Misalnya untuk Liga 1. PSSI menawarkan opsi kompetisi kasta tertinggi itu dilanjutkan dengan memusatkan semua pertandingan digelar di Jawa.

Selain itu, PSSI juga meniadakan sistem degradasi dan tim promosi yang tadinya berjumlah tiga, diusulkan menjadi dua. Dengan demikian, pada musim 2021, Liga 1 akan diikuti oleh 20 tim.

Sementara untuk Liga 2, PSSI menawarkan opsi home tournament. Formatnya, dibagi empat grup dengan masing-masing grup berisi enam tim.

Opsi-opsi tersebut telah disampaikan PSSI kepada setiap klub Liga 1 dan Liga 2. Setelah itu, Komite Eksekutif (Exco) PSSI akan menggelar rapat untuk membahas dan membuat keputusan terkait kompetisi.

“Namun, (rapatnya) belum diagendakan, karena kami belum selesai menyerap aspirasi dan membuat opsi-opsi,” kata anggota Exco PSSI, AS Sukawijaya atau yang karib disapa Yoyok Sukawi kepada Bolalob.

Yoyok mengatakan sebelum mengambil keputusan, Exco akan kembali mengadakan rapat secara virtual dengan pemerintah, kepolisian, serta asosiasi pemain dan pelatih. “Nanti akan kami adakan rapat Exco kalau bahan-bahannya (rencana) sudah matang,” tutur CEO PSIS Semarang tersebut.