Jika Indonesia Seperti Jerman, Baru Persija Jakarta Mau Lanjut Kompetisi

Bagi Persija, yang paling penting saat ini adalah situasi membaik, seluruh orang sehat, dan kurva penyebaran kasus corona menurun.
Klub masih berbeda pendapat soal kelangsungan kompetisi Indonesia pada tahun ini. Sejak ditangguhkan pada 16 Maret lalu, belum ada kepastian kapan Liga 1 atau pun Liga 2 2020 digelar.

Ada kemungkinan kompetisi musim ini dihentikan, karena banyak klub yang berkehendak seperti itu. Namun, ada juga dorongan untuk melanjutkan kompetisi dengan protokol ketat, dan ‘new normal’.

Persija Jakarta melalui Ferry Paulus menyatakan, bahwa pihak mereka ingin saja kompetisi dilanjutkan. Namun, setidaknya Indonesia bisa seperti Jerman, dalam hal protokol dan penurunan kasus corona.

“Kami mintanya disetop. Intinya Persija Jakarta mau melanjutkan kompetisi jika segala sesuatunya sudah jelas, landai, dan turun seperti halnya di Jerman yang kemungkinan penularannya kecil,” kata Ferry, yang menjabat direktur olahraga.

PSSI selaku federasi masih menggodok bagaimana menjalankan sepakbola di tengah pandemi virus corona. Di Indonesia memang segala sesuatu tak sederhana untuk diterapkan, berbeda dengan negara maju seperti Jerman, atau Korea Selatan.

Beberapa opsi muncul seiring rencana untuk kembali menggelar kompetisi di tengah ‘new normal’. Dari mulai melanjutkan kompetisi yang sudah ada, mengubah format kompetisi, hingga hanya menggelar turnamen pengganti.

‚ÄúLebih baik konsentrasi musim ini bagaimana caranya PSSI membuat kebijakan dengan kaitan kompetisi. Kita mulai babak baru, tapi pemain dan ofisial diberi kelonggaran menjadi bagian yang kita punya. Fokus sehat dulu,” tukas Ferry.