Jelang Menghadapi Timnas Indonesia, Thailand Rencanakan Latihan 1 Bulan

Timnas Thailand menatap Kualifikasi Piala Dunia 2022 dengan sungguh-sungguh. Pelatih Akira Nishino kabarnya meminta izin untuk menggelar pemusatan latihan selama 1 bulan jika jadwal pertandingan baru sudah diumumkan FIFA.

Pelatih Akira Nishino ingin mengumpulkan seluruh pemain Timnas Thailand untuk membangun kekuatan setelah pandemi virus corona. Semua itu dilakukan agar Thailand bisa memaksimalkan tiga laga sisa di babak penyisihan Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Sekretaris Jenderal Asosiasi Sepak Bola Thailand (FAT), Phatit Suphaphong, menyebut pihaknya siap mendukung rencana Akira Nishino. Phatit Suphaphong sadar laga-laga yang akan dihadapi Timnas Thailand tak mudah.

“Nishino berkata kepada saya begitu dia mengetahui jadwal baru dari FIFA, dia ingin mengumpulkan para pemain selama 1 bulan sebelum bertanding. Ini adalah kondisi normal untuk Timnas dalam mempersiapkan diri untuk Piala Dunia,” kata Phatit Suphaphong seperti dikutip Siam Sport, Senin (1/6/2020).

“Bahkan sebelum ini, Nishino dulu memang memiliki rencana untuk memanggil Timnas Thailand untuk mengikuti pemusatan latihan tertutup pada Agustus. Namun, semua akan bergantung kepada FIFA karena kami tidak tahu kapan akan menggelarnya,” ucap Phatit Suphaphong.

Pada laga selanjutnya, Thailand akan menjamu Timnas Indonesia dalam laga kandang. Setelah itu, Thailand akan menantang Uni Emirat Arab, dan kembali bermain di kandang melawan Malaysia.

Secara matematis, Timnas Thailand masih memiliki peluang untuk lolos ke babak selanjutnya dalam Kualifikasi Piala Dunia 2022. Saat ini, Thailand menghuni peringkat ketiga dengan delapan poin, atau terpaut tiga angka dari Vietnam sebagai pemuncak klasemen.

Kirim Tim Terbaik

Kompetisi elite Thai League 1 2020 dipastikan kembali bergulir mulai September. Meski demikian, Asosiasi Sepak Bola Thailand (FAT) menjadi kompetisi tersebut tak akan mengganggu persiapan Timnas Thailand ke Piala AFF 2020.

Pandemi virus corona membuat jadwal Thai League 1 2020 molor. Kompetisi yang seharusnya berlangsung Februari-Oktober itu harus terhenti sementara pada Maret setelah memainkan empat pertandingan.

Hal ini tentu menjadi situasi yang tidak biasa di Thailand. Pada musim-musim sebelumnya, Thai League selalu berakhir pada Oktober sehingga tak akan mengganggu jadwal Timnas Thailand yang biasanya tampil di Piala AFF pada pengujung tahun.

Artinya, jika Piala AFF 2020 digelar pada akhir tahun, pada waktu bersamaan Thai League sedang bergulir. Namun, Sekretaris Jenderal FAT, Patit Suphaphongs, menjamin hal itu tak akan mengganggu persiapan Timnas Thailand.

Patit Suphaphongs menegaskan, pihaknya akan mengirim skuat terbaik demi meraih gelar di Piala AFF 2020. Pelatih Akira Nishino dipersilakan untuk memilih pemain terbaik untuk memperkuat Timnas Thailand tanpa dihalang-halangi klub.

“Babak grup Piala AFF 2020 akan bertepatan dengan beberapa pertandingan di Thai League. Akan tetapi, begitu kami berada di fase gugur, pelatih Akira Nishino akan memiliki semua pemain terbaik yang tersedia,” tegas Patit Suphaphongs seperti dikutip situs ASEAN Football, Kamis (28/5/2020).

Timnas Thailand merupakan tim dengan koleksi gelar terbanyak di Piala AFF yakni lima trofi. Pada edisi 2018, tim berjuluk Gajah Perang itu hanya mencapai babak semifinal. (Bola.com)