Tren Latihan Online, Pelaku Sepak Bola Mesti Melek Teknologi

Asisten pelatih timnas Indonesia, Nova Arianto, berharap pelaku sepak bola untuk mengikuti perkembangan teknologi.

Dia mengatakan pesatnya perkembangan teknologi memaksa setiap orang untuk menyesuaikan diri, tak terkecuali atlet olahraga.

Pernyataan tersebut merujuk pada latihan online via yang sedang dilakukan timnas saat ini.

Nova Arianto mengakui selama dia menjadi pemain tidak pernah menjalani ataupun menjumpai latihan online.

Jadi, ini adalah kali pertama dia menjalani latihan melalui sambungan virtual ini, walaupun kini statusnya sebagai seorang pelatih.

Asisten pelatih yang pernah membela Persib Bandung ini pun mengakui harus belajar kembali untuk menyesuaikan diri.

Menurut dia, ini adalah sisi positif dari pesatnya perkembangan teknologi sekarang.

Dulu mungkin latihan terprogam secara jarak jauh hampir mustahil dilakukan, tetapi sekarang bisa dilakukan melalui genggaman tangan saja.

“Ya, yang pasti pelajaran baru di dunia kepelatihan karena hampir tidak pernah ada latihan online. Namun, karena situasinya seperti ini mengharuskan latihan dibuat secara online,” kata mantan pemain Persebaya Surabaya itu kepada Kompas.com, Senin (1/6/2020).

“Kesannya ya senang bisa belajar dengan situasi ini dan bersyukur semua bisa berjalan lancar walaupun tetap ada kendala di masalah sinyal internet karena setiap daerah pasti berbeda,” katanya.

Karena itu, Nova Arianto berharap semua pelaku sepak bola, khususnya pemain dan pelatih, sebisa mungkin secara aktif mengikuti perkembangan teknologi.

Jangan sampai kemajuan di bidang teknologi justru menjadi kendala hanya karena tidak mampu beradaptasi.

“Ya pasti karena zaman semakin maju dan tidak bisa dilepaskan dari teknologi yang semakin maju, jadi kami pelatih harus bisa beradaptasi dengan cepat,” ucapnya.

Di sisi lain meskipun sudah mulai bisa mengikuti, Nova Arianto mengakui masih banyak hal yang harus dipelajari dan disesuaikan.

Salah satunya masalah latihan yang tersendat karena kendala sinyal karena di setiap daerah pasti berbeda.