Timnas Indonesia Tunggu Restu Pemerintah untuk Menggelar Persiapan Piala AFF 2020

PSSI belum bisa memastikan kapan Timnas Indonesia menggelar persiapan untuk Piala AFF 2020. Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri, menyebut pihaknya menunggu restu dari Pemerintah Republik Indonesia.

Indra Sjafri menyebut PSSI mengikuti Pemerintah Republik Indonesia terkait peraturan yang akan dilakukan saat pemberlakukan New Normal dalam sepak bola. Begitu aturan sudah keluar dan jelas, PSSI baru bisa menentukan kapan Timnas Indonesia bisa melakukan persiapan.

“Yang pasti semuanya menunggu arahan Pemerintah. Kami menunggu itu dulu karena PSSI patuh terhada apapun anjuran dari Pemerintah,” kata Indra Sjafri.
Meski demikian, Indra Sjafri menyebut pihaknya sudah merancang sejumlah program untuk Timnas Indonesia. Terdapat sejumlah rancangan yang akan dilakukan pasukan Shin Tae-yong untuk tampil di Piala AFF 2020.

“Kami dari tim teknis sudah membuat sejumlah rancangan. Ada plan A, B, sampai C untuk Timnas Indonesia senior,” tegas Indra Sjafri.

Terlalu dini memang berbicara Piala AFF 2020 yang rencananya baru digelar pada pengujung tahun. Timnas Indonesia lebih dulu akan tampil pada tiga laga sisa di Kualifikasi Piala Dunia 2022 yang rencananya bergulir medio Oktober-November.

Tugas Berat

Tugas berat menanti Shin Tae-yong di Piala AFF 2020. Seperti diketahui, turnamen dua tahunan antarnegara ASEAN itu menjadi target utama buat pelatih asal Korea Selatan di Timnas Indonesia.

PSSI menargetkan Shin Tae-yong mampu memberikan gelar juara. Timnas Indonesia sejak awal turnamen belum pernah menjadi juara dan sudah lima kali menjadi finalis.

Di sisi lain, PSSI saat ini masih dipusingkan dengan kejelasan kompetisi Liga 1 2020. Selain itu, konsentrasi PSSI juga terbagi ke persiapan Piala Dunia U-21 2021 yang rencananya berlangsung pada Mei-Juni tahun depan.