Pesan Pelatih Persib Menjelang Berlakunya New Normal di Indonesia

Pemerintah Indonesia akan memberlakukan new normal (fase kehidupan baru) secara bertahap setelah wabah virus corona dinilai menurun. Keputusan itu agar ditempuh guna menghidupkan kembali perekonomian Indonesia, namun tetap dengan protokol kesehatan.

Pelatih Persib Bandung, Robert Alberts menyebutkan berlakunya new normal tidak hanya di Indonesia tetapi juga diberbagai negara lainnya dan menjadi tren di seluruh dunia.

“Orang-orang harus mulai hidup berdampingan dengan COVID-19. Masih banyak perdebatan soal apa yang benar dan yang salah, bagaimana kehadiran virus ini, apakah dibuat oleh manusia atau merupakan transmisi dari binatang. Jadi pertanyaannya adalah apa sebenarnya yang menjadi penyebab wabah penyakit ini,” ujar Robert saat dihubungi Senin (1/6/2020).
Di negara-negara, lain sambung Robert, new normal sudah mulai diimplementasikan.

“Untuk saat ini, yang terpenting semua butuh melakukan social distancing, menjaga kebesihan, dan membuka mata soal bahayanya berinteraksi di masyarakat,” tegas Robert.

“Jadi semua harus lebih disiplin. Kita tidak bisa menyalahgunakan apa yang semua sudah diberikan oleh planet ini. Manusia lah yang merusak segalanya di planet ini,” imbuh Robert lagi.

Pelatih asal Belanda ini mengingatkan, manusia sangat rentan dan segalanya begitu mudahnya terdampak.

“Jadi kita harus mulai mengikuti new normal. Terkait sepak bola, di ruang ganti, kondisi di lapangan, dan interaksi sosial dengan fans juga harus diubah sesuai dengan anjuran,” ujar Robert.

“Saya rasa jika mengikuti itu, semua bisa memulai lagi, termasuk kompetisi sepak bola. Saya kira itu positif,” tambah pelatih berusia 65 tahun ini sambil mengakhiri.