Nasib Kelanjutan Liga 1 Akan Diputuskan Pekan Ini

PSSI berencana menggelar rapat dengan klub Liga 1 dan 2, Selasa (2/6). Agenda tersebut untuk membahas kelanjutan kompetisi musim ini yang dihentikan karena pandemi virus corona.

Tak hanya melibatkan klub saja. Rapat tersebut juga bakal diikuti perwakilan dari Asosiasi Pelatih Sepakbola Seluruh Indonesia (APSSI) dan Asosiasi Pesepakbola Profesional Indonesia (APPI).

“Ada 2 sesi rapat virtual besok dengan Liga 1 dan Liga 2. Waktunya sedang disiapkan oleh Plt sekjen PSSI [Yunus Nusi],” kata anggota komite eksekutif (Exco) PSSI Endri Erawan kepada Goal Indonesia.

Pria yang juga menjabat sebagai CEO Mitra Kukar tersebut menyampaikan, rapat virtual itu tak langsung menghasilkan keputusan. Melainkan pemaparan segala kemungkinan yang terjadi pada kompetisi musim ini.

“Diharapkan minggu ini sudah ada keputusan mengenai kepastian tentang kompetisi akan lanjut atau berhenti,” ujarnya.

Beberapa hari lalu PSSI sebetulnya sudah menggelar rapat virtual dengan klub Liga 1 dan 2. Mayoritas kontestan menginginkan kompetisi musim ini dinyatakan berakhir.

Akan tetapi, ada juga klub yang menginginkan kompetisi tetap berjalan dengan protokol kesehatan yang ketat. Semua masukan yang diberikan tersebut ditampung PSSI untuk pertimbangan dalam mengambil keputusan.

“Pokoknya besok akan dijelaskan tentang opsi-opsi yang kami pertimbangkan. Setelah itu mudah-mudahan besoknya sudah ada keputusan Exco,” ujar Yunus.

Kompetisi dihentikan dengan status force majeure sejak Maret lalu. Selama berhenti, PSSI mengizinkan klub Liga 1 dan 2, membayar pemain, pelatih, dan ofisial maksimal 25 persen dari gaji yang tertera dikontraknya.