Bahas Nasib Kompetisi, PSSI Kembali Gelar Pertemuan dengan Klub Liga 1 dan Liga 2

PSSI berencana menggelar pertemuan virtual dengan klub peserta Liga 1 dan Liga 2 pada Selasa (2/6/2020). Dalam pertemuan tersebut, PSSI akan menawarkan tiga opsi untuk menentukan nasib kompetisi.

Pelaksana tugas Sekretasi Jenderal PSSI, Yunus Nusi, menyebut pertemuan itu digelar atas permintaan Ketua Umum Mochamad Iriawan. Dalam rapat yang digelar secara virtual itu, PSSI akan mendengarkan pendapat klub-klub Indonesia terkait nasib kompetisi.

Baca Juga

“Kami akan mengandakan rapat untuk memberikan penjelasan dan sosialisasi tentang kelanjutkan kompetisi,” kata Yunus Nusi seperti dikutip Antara, Senin (1/6/2020).

Pertemuan itu digelar agar tidak ada klub yang kecewa dengan keputusan PSSI terkait kompetisi nantinya. PSSI menawarkan tiga opsi untuk klub-klub terkait kejelasan kompetisi.

Pertama adalah musim 2020 kembali dilanjutkan. Kedua, musim 2020 dihentikan dan digantikan tunamen, sedangkan pilihan ketiga adalah musim 2020 dihentikan dan digelar musim baru 2020-2021.

“Ketiganya menjadi opsi yang membutuhkan tanggapan dari klub,” tegas Yunus Nusi.

Pertemuan ini menjadi edisi kedua yang dilakukan PSSI dengan klub Liga 1 dan Liga 2. Pada pertemuan pertama Rabu (27/5/2020), diketahui mayoritas klub menginginkan agar kompetisi dihentikan.

Terdapat lima klub yang menyarankan PSSI agar kompetisi dilanjutkan yakni Persib Bandung, Persija Jakarta, Bali United, Persiraja Banda Aceh, dan Tira Persikabo. Adapun Persipura Jayapura menjadi satu-satunya klub Liga 1 2020 yang memilih abstain.

Beda dengan Kompetisi Asia Tenggara

PSSI sampai saat ini memilih untuk berhati-hati dalam mengambil keputusan terkait nasib kompetisi. Berulang kali disebut, PSSI ingin mengikuti sikap Pemerintah Republik Indonesia terkait status darurat bencana akibat pandemi virus corona.

Sikap tersebut berbeda dengan yang diambil negara-negara di Asia Tenggara lainnya. Mayoritas kompetisi elite Asia Tenggara memutuskan untuk melanjutkan musim 2020.

V-League Vietnam sudah bergulir pada Mei, Liga Kamboja bakal menyusul pada Juni. Begitu juga dengan Filipina yang siap memulai Philippines Football League pada Juli. Adapun Thailand dan Malaysia baru akan menggelar liga dalam beberapa bulan ke depan. (bola.com)