Impian Bek Bali United Ikuti Jejak King Kazu

Bek klub Liga 1 2020 Bali United, Leonard Tupamahu punya impian untuk mengikuti jejak legenda sepak bola Jepang, Kazuyoshi Miura. Eks Persija Jakarta ini ingin bermain sepak bola hingga usia 50 tahun.

King Kazu, julukan Kazuyoshi Miura, mengawali karir profesional bersama tim Brasil, Santos. King Kazu pun pernah memperkuat Palmeiras, Coritiba hingga Santos, sebelum sembilan tahun jadi bagian tim Jepang, Verdy Kawasaki.

King Kazu juga pernah dipinjamkan ke Genoa, namun hanya musim 1994-1995. Kini, King Kazu jadi bagian tim Yokohama FC dalam usia 53 tahun. Tim ini sudah dibelanya sejak 2005 lalu. King Kazu kini jadi pemain tertua di dunia.

Sulit mendekati rekor ini. Pemain Timnas Indonesia, Cristian Gonzales coba mendekati. Kini, Gonzales sudah berusia 43 tahun. Leonard ternyata juga punya keinginan sama, mendekati rekor King Kazu.

“Mungkin jika Tuhan mengizinkan, saya bermain sampai usia 50 tahun. Tapi, kalau target pribadinya sampai usia 40 tahun. Jika masih diberikan kesehatan dan kekuatan, saya akan jalani karena ingin coba dan tahu,” ucap Leonard.

Meski belum punya rencana pensiun dalam waktu dekat, Leonard pun sudah mempersiapkan diri. Kini, Leonard sudah mengantongi lisensi kepelatihan C AFC. Lisensi ini didapatnya pada 2017 lalu.

“Saya memang sudah rencana, sebelum pensiun jadi pemain sudah pegang lisensi pelatih B atau A. Saya ingin melanjutkan karir jadi pelatih. Mimpi saya jadi pelatih Timnas Indonesia,” tuturnya.

Ricky Nelson jadi sosok yang membuatnya ikut lisensi kepelatihan pada 2017 lalu. Leonard belum tahu kapan akan melanjutkan lisensi kepelatihan ke B AFC, yang hampir diikutinya 2018 lalu.