Hamka Hamzah dan Nabil Husein Ingatkan Suporter Sepak Bola Indonesia Supaya Jangan Baper

Terhentinya kompetisi sepakbola Indonesia, akibat pandemi Covid-19, ternyata memberikan kesempatan bagi Hamka Hamzah bersilaturahmi dengan pesepak bola, pelatih atau pemilik klub dari berbagai penjuru Indonesia.

Silaturahminya tentu bukan dengan bertatap muka langsung, melainkan memanfaatkan kecanggihan teknologi informasi komunikasi virtual.

Pada Sabtu (30/5), kapten Persita Tangerang ini bersilaturahmi dengan bos Borneo FC, Nabil Husein Said.

Pemilik klub yang bermarkas di pulau Borneo ini memang fanatik dengan sepak bola, dan selalu ingin memajukan sepak bola.

Jangan Baper

Menariknya, keduanya pun membahas tentang sisi suporter sepak bola Indonesia.

“Sepak bola itu adalah hiburan, suporter tak perlu berselisih paham di luar lapangan, karena pemain juga selesai pertandingan sudah saling bertegur sapa satu sama lain. Rivalitas selesai,” ujar Nabil yang diiyakan oleh Hamka Hamzah.

Keduanya berharap suporter sepak bola bersikap dewasa.

Bahkan dijelaskan oleh bos Borneo ini, dirinya sering bersilaturahmi dengan pemilik klub lain, dan tidak ada rasa dendam di antara mereka meskipun klub mereka pernah kalah.

Maka Hamka juga bercerita bahwa silaturahmi antarpemain justru terjadi saat laga berakhir.

Baik Hamzah dan Nabil menginginkan suporter klub di Indonesia tak perlu iri hati, dan bersinggungan dengan klub lain. Apalagi terjerumus ke konflik yang tidak menguntungkan di kedua pihak suporter.

“Mari menjadikan sepak bola sebagai hiburan. Dan apa yang terjadi di lapangan, tidak perlu dibawa ke luar lapangan,” tutur Hamka yang dibenarkan oleh Nabil Husein.