Pengakuan Leonard Tupamahu Soal Tulisan di Buku Diary

Bek klub Liga 1 Bali United, Leonard Tupamahu ternyata pernah menjadi salah satu sahabat buku diary. Saat kecilnya, dia pernah menulis cita-cita menjadi pesepak bola terkenal.

Sepak bola sudah menjadi mimpi Leonard sejak kecil. Dia tak pernah memiliki cita-cita lain, selain menjadi pesepak bola terkenal. Bahkan, dia kerap mengkliping foto-foto pemain dari sebuah tabloid olahraga.

“Saya pikir cita-cita saya memang menjadi pemain bola profesional. Dulu waktu SD, saya pernah menulis diary. Saya menulis ingin menjadi pemain bola terkenal,” ucap Leonard.

Leonard pada masa kecil hanya paham tentang kekuatan Timnas Brasil dan Timnas Belanda. Dua tim inilah yang menonjol ketika Piala Dunia 1994. Sementara untuk level klub, ada Barcelona dan AC Milan.

“Kalau beli Koran Bola dan isinya empat tim itu, saya gunting dan tempel di buku saya. Pemain yang saya ingat Patrick Kluivert pada saat itu,” tutur Leonard.

Mimpinya tercapai ketika gabung Persija Jakarta tahun 2002. Dari situ, Leonard menjelajah ke penjuru Tanah Air, mulai Pulau Jawa, Kalimantan, Papua dan kini di Bali.

Leonard dikenal sebagai bek tengah yang tangguh. Saat kini usianya sudah 36 tahun, Leonard masih jadi bagian tim inti dari klub juara, Bali United.