Dukung Liga 2 Kembali Dimulai, Ini Alasan Badak Lampung

Klub asal Sumatra, Badak Lampung, menjadi salah satu klub yang mendukung supaya Liga 2 2020 segera dimulai lagi setelah sempat terhenti akibat pandemi corona.

Serangan pandemi corona membuat lanjutan kompetisi sepak bola di Indonesia, baik Liga 1 dan Liga 2 dipenuhi tanda tanya. Sejumlah opsi pun bermunculan, di antaranya termasuk menghentikan liga atau melanjutkannya dengan mengikuti protokol kesehatan.

PSSI pun kemudian menggelar rapat virtual dengan para klub peserta Liga 2 2020, Jumat (29/05/20).

Dari rapat itu, diketahui bahwa Badak Lampung menjadi 1 dari segelintir klub yang mendukung kompetisi dilanjutkan. Kepada INDOSPORT, sekretaris tim Yudo Iswantoro pun menyampaikan alasan klubnya memilih opsi tersebut.

Yudo menyebut timnya berpendapat bahwa opsi melanjutkan liga atau menghentikan kompetisi dan menggelar turnamen untuk mengisi kekosongan tidak memiliki perbedaan besar.

“Liga lanjut atau membuat turnamen sendiri bakal sama saja. Percuma. Mendingan liga tetap jalan tapi mengikuti protokol kesehatan, daripada membuat turnamen lagi.”

Ia juga menyebut bahwa mengadakan turnamen justru akan berpotensi memicu masalah dengan sponsor karena mereka menjadi sponsor untuk liga, bukan turnamen.

Selain itu, Yudo menilai pelaksanaan turnamen memiliki sejumlah kekurangan, termasuk tidak adanya promosi. Bagi Badak Lampung yang mengincar promosi ke Liga 1, mengikuti turnamen justru seperti tindakan membuang-buang uang.

Apalagi, manajemen Badak Lampung menilai pengeluaran yang dibutuhkan untuk mengikuti turnamen tidak berbeda jauh dengan mengikuti liga.

“Justru kalau ada turnamen Badak Lampung akan mikir-mikir lagi untuk ikut atau tidak, karena akan percuma.”

“Turnamen tidak ada promosi dan degradasi, makin buang-buang duit lagi itu. Sama saja keluar uangnya, antara turnamen sama liga,” ungkap Yudo.

Sebelumnya, selain Badak Lampung dikabarkan ada 2 tim lain yang juga mendukung agar Liga 2 2020 dilanjutkan, yakni PSIM Yogyakarta dan PSMS Medan. Namun, Yudo menyebut ada 1 klub lagi yang juga menyarankan hal yang sama, yakni Sulut United.