Usul Robert Alberts: Kompetisi Indonesia Ikuti Kalender Gaya Eropa

Pelatih Persib Bandung Robert Rene Alberts mengusulkan agar Shopee Liga 1 2020 mengikuti kalender kompetisi di Eropa. Liga start Agustus, selesai tahun depan.

Hal itu, tentunya akan mempermudah bagi klub-klub di Indonesia untuk mendatangkan pemain berkelas dari Eropa, karena bursa transfer yang berdekatan.

“Saya mengajukan liganya Agustus dan selesai di April atau Mei, artinya kita mengkuti gaya Eropa,” ujar Robert dalam saluran YouTube pribadinnya.

Tentu saja, ujar Robert, keputusan itu bisa diambil andaikata PSSI memutuskan untuk menghentikan Shopee Liga 1 2020 dan mengulang kompetisi sehingga dihelat kembali Agustus.

Namun, bila PSSI memutuskan untuk melanjutkan Shopee Liga 1 2020, tentunya klub berjuluk Maung Bandung itu akan mulai berlatih lagi pada awal Juni.

“Tapi balik lagi, tergantung dari PSSI dan jika kita harus memulai lagi kita harus ikuti standar prosedur kesehatan, agar semuanya tetap sehat dan kita bisa main bola dan suporter bisa menonton bola lagi di stadion yang kosong seperti di negara lain,” kata Robert.

“Jika liganya berhenti, kita pelatih, pemain dan manajemen berharap untuk mengulang liganya di waktu dekat, mungkin di Agustus, kita juga harus memikirkan Timnas yang harus mulai babak kualifikasi pada Oktober, jadi kita mulai di Agustus, setidaknya pemain akan siap kembali,” katanya.