Klub Liga 2 Usul Ke PSSI Kompetisi Dilanjutkan Tanpa Degradasi

Anggota komite eksekutif (Exco) PSSI Endri Erawan, menyampaikan ada klub Liga 2 2020, yang mengusulkan tidak ada degradasi saat kompetisi kembali dilanjutkan. Alasannya, karena kesebelasan tersebut tak bisa tampil maksimal di keadaan seperti ini.

Suara klub Liga 2 terpecah saat rapat virtual dengan PSSI, Jumat (29/5). Mayoritas kontestan menginginkan kompetisi musim ini tak dilanjutkan karena pandemi virus corona di tanah air belum berakhir.

Namun, ada pula yang meminta kompetisi kasta kedua Indonesia tersebut kembali dilanjutkan dengan beberapa syarat. Saran dari para klub Liga 2 akan dibawa ke rapat darurat Exco PSSI yang dilaksanakan dalam waktu dekat ini.

“Khusus Liga 2 sebagian besar memang ingin kompetisi dihentikan, tapi ada beberapa klub yang ingin dilanjutkan pada saat yang tepat nantinya dengan protokol kesehatan yang ketat sesuai aturan pemerintah,” kata Endri kepada Goal Indonesia.

“Ada juga yang sepenuhnya diserahkan kepada PSSI untuk menentukan kelanjutkan Liga 2. Menurut sebagian besar klub, jika akhirnya nanti akan dilanjutkan, diharapkan tidak ada degradasi karena suasana kompetisi yang kurang optimal di tengah keadaan new normal,” Endri menambahkan.

Selain meminta saran dari klub Liga 2, PSSI telah menggelar rapat virtual dengan sejumlah pihak lainnya. Mulai dari Asosiasi Pelatih Sepakbola Seluruh Indonesia (APSSI) dan Asosiasi Pesepakbola Profesional Indonesia (APPI), PT Liga Indonesia Baru, hingga klub Liga 1 2020.

“Masukan-masukan dari beberapa rapat virtual, ditambah masukan-masukan dari seluruh pihak terkait, termasuk dari pemerintah dalam hal Menpora [Zainudin Amali], TNI, POLRI, Depkes dan lain-lainnya sangat menentukan dalam PSSI mengambil keputusan nantinya,” ujarnya.