Ada Lampu Hijau dari Kemenpora untuk Liga 1 2020

Kompetisi Liga 1 2020 mendapat lampu hijau untuk kembali bergulir dari pemerintah melalui Kementeria Pemuda dan Olahraga (Kemenpora). Hal tersebut disampaikan oleh Direktur Bisnis PT Liga Indonesia Baru (LIB), Rudy Kangdra.

Akan tetapi, protokol kesehatan menjadi hal yang paling dikedepankan jika memang kompetisi kembali bergulir. Bisa jadi kompetisi kembali bergulir tanpa kehadiran penonton karena adanya pandemi virus corona (Covid-19).

“Sudah ada lampu hijau dari Kemenpora. Karena kita harus menghitung juga bagaimana menunjang penampilan Timnas di Kualifikasi Piala Dunia dan Piala Dunia U-20 tahun depan, kan. Kalau kompetisi berhenti terus, ya, tidak ada aktivitas,” ujar Rudy Kangdra dikutip dari Antara.

“Kami sudah memiliki rencana, opsi-opsi. Lalu, koordinasi kami dengan pemerintah mencakup semua hal. Kami akan menyesuaikan dengan regulasi pemerintah dan kebijakan seperti mengenai perizinan,” tambahnya.

Sebelumnya, PSSI menghentikan kompetisi Liga 1 dan Liga 2 2020 dengan status force majeure sampai tanggal 29 Mei 2020. Jika status tanggap darurat diperpanjang maka kompetisi dihentikan dan jika tidak, maka kompetisi kembali bergulir 1 Juli.

Sejauh ini PSSI sudah meminta saran dan pendapat dari klub Liga 1, Liga 2, Asosiasi Pelatih Sepak bola Seluruh Indonesia (APSSI), dan Asosiasi Pesepak Bola Profesional Indonesia (APPI)

Seluruh saran dan pendapat sudah ditampung dan akan dibawa kepada Rapat Komite Eksekutif (Exco) PSSI yang waktunya belum ditentukan. halaman 2 dari 2