Mesin Tetap Panas, Arema FC Siap Kembali Berkompetisi

General Manajer Arema FC Ruddy Widodo mengungkapkan timnya dalam kondisi siap jika memang kompetisi Liga 1 2020 digulirkan kembali.

GM asal Madiun tersebut mengatakan selama libur dua bulan terakhir fisik pemain Arema FC tetap digenjot untuk memenuhi kemungkinan-kemungkinan yang akan terjadi.

Pemain tetap diwajibkan menjalankan program latihan rutin untuk menjaga kondisi fisik mereka tetap fit.

“Pemain Arema tetap latihan meskipun tidak ada kompetisi. Jadi ketika kompetisi diumumpkan mereka tinggal di up 50 persen,” kata Ruddy Widodo.

Menurutnya pelatih Arema FC sejak awal sudah merangcang skema agar pemain dalam kondisi siap meskipun tidak ada pertandingan.

Salah satu upayanya adalah menjaga fisik pemain agar tetap prima seperti saat kompetisi sedang berlangsung.

Upaya tersebut pun bisa dilihat dari aktifnya kegiatan latihan mandiri yang lakukan Hendro Siswanto dan kawan-kawan. Tak jarang mereka mengunggah proses latihan ke akun sosial media masing-masing.

Sebelum sepekan Hari Raya Idul Fitri mereka biasa latihan daring sebanyak tiga kali, termasuk saat bulan Ramadhan lalu.

Secara berkala pelatih fisik Marcos Gonzales mengawasi langsung latihan anak asuhnya secara daring.

Pelatih asal Argentina tersebut juga secara berkala menyiapkan draf dan laporan untuk memantau hasil latihan pemain yang diserahkan ke pelatih kepala Mario Gomez dan manajemen.

Dengan demikian ketika kompetisi Liga 1 2020 kembali bergulir pelatih hanya membutuhkan sedikit penyesuaian terhadap fisik pemain. Yang artinya memangkas waktu untuk masuk ke latihan strategi lebih cepat.

“Kesimpulan saya pemain secara fisik ready terus, begitu kompetisi tinggal ke strategi,” ucapnya.

Kini Arema FC hanya bisa menunggu hasil pembahasan rapat mengenai kelanjutan kompetisi seusai meeting virtual bersama PSSI, Rabu (27/05/2020) siang.