Barito Putera Menilai Riskan Jika Kompetisi Dilanjutkan

Liga 1 2020 berpotensi dilanjutkan sesuai indikasi pemerintah yang ingin memberlakukan ‘new normal’.

Barito Putera menjadi salah satu klub Liga 1 2020 yang tegas menolak agar kompetisi musim ini dilanjutkan. Hal itu disampaikan Barito pada rapat virtual petinggi klub Liga 1 dan PSSI, Rabu (27/5).

Menurut pihak Laskar Antasari, kondisi Indonesia saat ini belum baik-baik saja untuk kondusif menggelar kompetisi. Ikhsan Kamil selaku asisten Barito menyebut, format baru liga pun tidak menjamin.

“Bukan [ingin] kompetisi dilanjutkan dengan format baru. Apalagi saat ini di Kalimantan Selatan grafik kasus Covid-19 naik,” ungkap Ikhsan kepada awak media.

“Kebijakan pemerintah serta fasilitas kesehatan di setiap daerah kan beda-beda. Sehingga akan sangat riskan,” sambung Ikhsan menambahkan.

Jika memang liga kembali digulirkan, kemungkinan besar tanpa penonton dan dengan protokol kesehatan yang tinggi. Hanya saja, seperti kata Ikhsan, hal itu sulit untuk diwujudkan.

“Kami tetap lebih mengutamakan kesehatan, dan keselamatan. Jadi, rasanya tidak bijak kalau kami mengadakan turnamen di saat situasi covid belum selesai,” tuturnya.

“Seperti yang disampaikan di awal tadi, kalau kebijakan Pemda [Pemerintah Daerah], dan fasilitas kesehatan pada setiap daerah beda-beda, sehingga riskan,” tandasnya.