Sutan Zico: Shin Tae-Yong Tak Kompromi Jika Pemain Bikin Salah

Striker milik Persija U-20, Sutan Zico, menjadi salah satu dari lima pemain Persija yang dipanggil mengikuti pemusatan latihan (TC) bersama timnas Indonesia U-19.

Empat nama lain dari tim Macan Muda yang gabung armada arahan pelatih Shin Tae-yong antara lain Braif Fatari, Figo Sapta, Risky Muhammad, dan Sandi Arta Samosir.

Bagi Zico, ini bukan kali pertama dirinya dipercaya mengikuti TC dengan timnas U-19. Meski begitu, Zico juga sempat tak dipanggil, dan kesempatan kali ini ingin ia maksimalkan.

“Kesempatan ini tidak boleh disia-siakan oleh saya. Belajar dari dua TC sebelumnya bersama Shin Tae-yong, saya harus lebih kerja keras,” tegas Zico dikutip laman resmi Persija.

“Mengingat, dia pelatih tegas juga dan tidak kompromi saat pemain melakukan kesalahan. Saya hanya berusaha maksimal dengan kemampuan yang saya miliki. Semoga hasilnya baik, dan ada rezeki di timnas,” imbuhnya.

TC kali ini agak berbeda karena dilaksanakan secara virtual, lantaran pandemi virus corona. Timnas U-19 punya agenda Piala Asia U-19 2020, dan menjadi tunas untuk Piala Dunia U-20, tahun depan.

“Materinya meliputi core training, weight training, dan aerobic exercise. Minggu kemarin intensitas ringan, kini sudah tinggi sebelum masuk libur Lebaran.”

“Di latihan itu salah satu pelatih fisik langsung memberikan contoh secara live gerakannya. Nantinya akan diikuti pemain, ditambah lagi ada dua penerjemah agar pemain mengerti intruksi yang diberikan.”