3 Pemain Buangan yang Buat PSM Makassar Menyesal

Termasuk Ghozali Siregar, berikut 3 pemain buangan yang buat klub Liga 1, PSM Makassar, menyesal.

Dalam era sepak bola modern, pemain datang dan pergi di sebuah klub merupakan hal yang lumrah. Namun, bisa saja tiga pemain buangan ini membuat PSM Makassar merasa menyesal.

Sebagai klub yang setiap musimnya memasang target menjuarai Liga 1, PSM selalu aktif melakukan bongkar pasang pemain di setiap bursa transfer. Hal itu dilakukan demi menyempurnakan kekuatan.

Pemain yang tidak memenuhi ekspektasi pelatih dan manajemen tentu saja akan terdepak. Sedangkan mereka yang memiliki performa menawan akan dipertahankan dengan catatan nilai kontrak menemui kesepakatan.

Namun, apa jadinya jika ada pemain yang telah dibuang dan justru menemukan performa terbaik setelah meninggalkan PSM? Bisa saja, Pasukan Ramang bakal gigit jari terlebih lagi jika pemain tersebut memperkuat klub rival.

Hal tersebut setidaknya dialami oleh ketiga pemain ini. Siapa sajakah mereka? Berikut awak redaksi berita olahraga INDOSPORT merangkumnya untuk anda.

1. Ghozali Siregar
Ghozali Siregar direkrut PSM dari Persegres Gresik United pada jendela transfer awal musim Liga 1 2017. Sayang, ia gagal bersaing memperebutkan posisi inti di sektor penyerang sayap kanan dalam racikan pelatih Robert Alberts.

Pesepak bola berpostur mungil ini hanya tampil sebanyak 10 kali dengan sumbangsih satu assist bersama PSM. Ghozali kalah bersaing dengan Ridwan Tawainella dan Zulham Zamrun memperebutkan posisi inti.

Pada akhir musim, Ghozali tak disodori perpanjangan kontrak oleh manajemen PSM. Alhasil, ia bergabung ke Persib Bandung di ajang Liga 1 2018 yang merupakan klub rival berat Pasukan Ramang sejak era Perserikatan.

Hengkang ke Persib nyatanya menjadi keputusan yang tepat bagi Ghozali dan sepertinya membuat PSM gigit jari. Bagaimana tidak, ia tampil sebanyak 57 kali dengan koleksi sembilang gol plus 10 assist dalam dua musim.

2. Heri Susanto
Situasi yang dialami Heri Susanto tak berbeda jauh dengan apa yang dialami oleh Ghozali. Direkrut dari Persiba Balikpapan, penyerang saya kiri ini tak mendapatkan banyak menit bermain bersama PSM.

Hersus, sapaan akrabnya, kalah bersaing dengan para seniornya seperti M Rahmat, Zulham Zamrun, dan Guy Junior. Pesepak bola berusia 25 tahun ini juga lebih banyak berkutat dengan cedera sejak bergabung pada awal musim Liga 1 2018.

Manajemen PSM pun tak memperpanjang kontrak Hersus menjelang kompetisi Liga 1 2019. Tak diduga, pesepak bola asal Magelang ini justru ditampung oleh klub Ibu Kota, Persija Jakarta.

Bersama musuh bebuyutan PSM tersebut, Hersus menemukan bentuk permainan terbaiknya. Ia merasakan 25 penampilan bersama Persija dengan menyumbangkan tiga gol dan lima assist.

3. Nurhidayat Haris

Nurhidayat Haji Haris pemain Timnas U-23 tiba di Indonesia.
Terakhir, ada nama Nurhidayat Haris, bek berlabel Timnas Indonesia junior yang kini memperkuat Bhayangkara FC. Ia hengkanh ke klub juara Liga 1 2017 tersebut pada awal musim kompetisi tahun 2018.

Nurhidayat hanya tampil sebanyak dua kali dengan total 99 menit bermain bersama PSM di ajang Liga 1 2017. Ia lebih banyak absen lantaran memperkuat Timnas Indonesia U-19 disepanjang tahun 2017.

Namun, Nurhidayat justru dilepas PSM pada akhir musim Liga 1 2017. Pesepak bola asal Makassar ini pun menerima pinangan Bhayangkara FC dengan durasi kontrak selama dua musim dan telah diperpanjang lagi pada akhir tahun lalu.